fbpx

Ketahuilah Amalan Bulan Dzulqa’dah Berikut yang Bisa Mendatangkan Pahala Berlipat

Amalan bulan Dzulqa’dah – Dalam kalender hijriah, terdapat empat bulan haram (asyhur al-hurum). Diantaranya yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, serta Rajab. Bulan haram yang dimaksud berarti bulan yang disucikan.

Maksudnya, bulan tersebut dijadikan oleh Allah sebagai bulan yang diagungkan kehormatannya. Menurut tafsir al-Kabir karya fakhruddin ar-Razy, makna hurum yaitu berlipat gandanya dosa sebab maksiat, dan berlipat gandanya pahala sebab taat (tafsir al-Kabir 16/41).

Amalan Bulan Dzulqa’dah

Lantaran bulan Dzulqa’dah termasuk asyhur al-hurum, maka Kita diharamkan untuk berbuat maksiat, pembunuhan, maupun kerusakan. Sebaliknya, Kita dianjurkan banyak mengerjakan amalan baik di bulan ini karena bisa mendatangkan pahala berlipat.

Lantas, amalan apa saja yang bisa kita kerjakan di bulan Dzulqa’dah? Tanpa berlama-lama, berikut diantaranya.

1). Puasa Sunnah Selama 7 Hari

Amalan bulan Dzulqa’dah yang pertama adalah puasa sunnah selama 7 hari. Puasa ini bisa dilakukan di awal, pertengahan, ataupun akhir bulan. Melaksanakan puasa sunnah di bulan ini memiliki nilai lebih dibandingkan berpuasa sunnah di bulan lainnya.

Hal ini disebutkan dalam sebuah hadis mengenai kesunnahan menjalani puasa Dzulqa’dah, sebagai berikut:

“…dan berpuasalah dari bulan haram, tinggalkanlah dari bulan haram, berpuasalah dari bulan haram dan tinggalkanlah darinya.’ Nabi berisyarah dengan ketiga jarinya seraya mengumpulkan dan melepaskannya.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah).

2). Memperbanyak Salat Sunnah

Amalan bulan Dzulqa’dah berikutnya adalah dianjurkan untuk memperbanyak salat sunnah. Salat sunnah yang bisa Anda kerjakan diantaranya seperti salat dhuha, tahajud, taubat, salat malam, dan masih banyak lagi.

3). Dzikir

Sering mengingat Allah SWT dengan cara berdzikir juga menjadi suatu amalan yang sangat dianjurkan di bulan Dzulqa’dah. Sesungguhnya perbedaan hidup dan mati seseorang terletak pada dzikirnya.

Di bulan yang penuh kemuliaan ini, alangkah baiknya kita isi dengan memperbanyak dzikir dan doa. Hal ini semata-mata agar kita semua dijauhkan dari segala hal yang tidak disukai Allah SWT.

Baca Juga: Perstiwa di Bulan Dzulqa’dah yang Mesti Kamu Ketahui

4). Berbuat Baik terhadap Siapapun

Berbuat baik terhadap siapapun menjadi salah satu amalan bulan Dzulqa’dah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Berbuat baik tidak perlu dengan suatu tindakan yang besar, cukup dengan tindakan sederhana saja.

Misalnya bersedekah, membantu orang yang kesusahan, menyantuni anak yatim, patuh terhadap orang tua, dan lain sebagainya. Berkesempatan dengan itu, Sahabat bisa menunaikan amalan baik Anda melalui Yayasan Senyum Mandiri.

Dengan berpartisipasi pada salah satu Program Senyum Mandiri, Sahabat sudah menebar sejuta kebaikan kepada saudara-saudara kita diluar sana yang sedang kesulitan serta memerlukan bantuan hingga ke pelosok negeri.

5). Menunaikan Ibadah Umrah

Dan amalan bulan Dzulqa’dah yang terakhir ialah menunaikan ibadah umrah. Dzulqa’dah memang termasuk salah satu dari bulan-bulan haji (asyahrul hajj), yang mana dianjurkan untuk melaksanakan ibadah umrah.

Sebagaimana Ibnu Rajab berkata melalui kitabnya “Lathaaiful Ma’rif”, bahwasanya Rasulullah SAW melaksanakan ibadah umrah di bulan-bulan haji sebanyak empat kali.

Sedangkan Ibnul Qayyim menjelaskan bahwasanya melaksanakan umrah di bulan-bulan haji, sama halnya dengan menunaikan haji di bulan-bulan haji. Dalam kitab Shahih Al-Bukhari dijelaskan bahwa:

“Sesungguhnya Rasulullah SAW melakukan umrah 4 kali, semuanya di bulan Dzulqa’dah, kecuali umrah yang mengiringi haji beliau. (yaitu) Umrah dari Hudaibiyah atau di tahun perjanjian Hudaibiyah di bulan Dzulqa’dah, Umrah di tahun berikutnya di bulan Dzulqa’dah, Umrah dari Ji’ranah, di mana beliau membagi harta rampasan perang Hunain di bulan Dzulqa’dah, dan umrah ketika beliau haji.”

Berakhir sudah pembahasan kita kali ini. Setelah Anda mengetahui apa saja amalan bulan Dzulqa’dah, semoga kita semua bisa melaksanakannya.

Satu pemikiran pada “Ketahuilah Amalan Bulan Dzulqa’dah Berikut yang Bisa Mendatangkan Pahala Berlipat”

Tinggalkan komentar

Qurban Online