Kisah Inspiratif Sahabat Nabi, Kesuksesan Abdurrahman bin Auf dalam Berniaga

Jika seseorang ingin mencapai kesuksesan tentu ia harus mulai melakukan sesuatu, seperti kisah inspiratif sahabat nabi berikut. Dikisahkan ada seorang sahabat nabi yang bernama Abdurrahman bin Auf, ia merupakan seorang pedagang sukses.

Seperti yang telah disebutkan, Abdurrahman bin Auf merupakan salah satu pengusaha kaya raya yang sukses pada masanya. Ia juga merupakan salah satu 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga.

Siapakah Itu Sosok Abdurrahman bin Auf?

Sebelum membahas mengenai kisah inspiratif sahabat nabi yakni Abdurrahman, mari mengulik terlebih dahulu siapakah gerangan beliau. Abdurrahman bin Auf, seseorang dari Bani Zuhrah dan masih keturunan dari pihak ibu paman-paman Rasulullah SAW.

Abdurrahman lahir pada tahun ke-10 dari tahun gajah atau bertepatan 581 M. Ayahnya bernama Auf bin Abdu Manaf, sedangkan ibunya bernama Assyifa binti Auf.

Abdurrahman menjadi orang kedelepan yang memeluk agama Islam. Ia diislamkan oleh Abu Bakar Ash-Shiddiq, hanya selang dua hari setelah Abu Bakar masuk Islam. Aburrahman memiliki nama Abd Amr sebelum mengucap syahadat.

Dalam kisah kisah inspiratif sahabat nabi, Abbdurrahman dikenal sebagai salah satu sahabat Rasul yang cerdas. Setiap wahyu yang diturunkan kepada Rasul, ia senantiasa rajin mencatatnya.

Saat Rasulullah SAW berangkat hijrah ke Madinah bersamaan dengan kaum Muslimin lainnya, Abdurrahman pun termasuk dalam rombongan tersebut. Ia dipersaudarakan dengan Saad bin Ar-Rabi, mulai dari sini kisah Abdurrahman sebagai pedagang dimulai.

Kisah Inspiratif Sahabat Nabi, Ketika Saad bin Ar-Rabi menunjukkan Hartanya

Abdurrahman yang mengunjungi kediaman Saad bin Ar-Rabi, diperlihatkanlah harta Saad yang banyak itu.

“Ini adalah hartaku yang aku bagi menjadi dua, karenanya pilihlah separuh yang dapat kau ambil untuk dirimu” ujar Saad pada Abdurrahman. Tidak hanya sampai disitu, Saad juga menawarkan rumahnya yang berlantai 2 tingkat untuk dibagi berdua dengan Abdurrahman.

Setelah mendengar tawaran itu, sembari tersenyum Abdurrahman pun lantas menjawab. “Wahai saudaraku, semoga Allah memberikan keberkahan dalam hartamu, keluargamu, dan rumahmu. Sebaiknya tunjukkan saja kepadaku jalan menuju pasar.”

Kisah inspiratif sahabat nabi masih berlanjut. Setelah ditunjukkan sebuah pasar, Abdurrahman kemudian keluar dengan tumpukan kayu bakar di pundaknya. Rencananya, ia akan menjual kayu-kayu itu di pasar.

Dimulailah perjuangan keras Abdurrahman dalam berniaga. Suatu saat, ia meminta kepada saudaranya Saad untuk membeli tanah disamping pasar yang terlihat kurang berharga tersebut.

Setelah dibeli, Abdurrahman kemudian membaginya dengan ukuran yang sama persis. Setelahnya, Abdurrahman mempersilahkan bagi siapa saja yang ingin berniaga di atas tanah miliknya tanpa dikenai biaya sewa apapun.

Baca Juga: Kisah Abu Thalhah Mewakafkan Kebun Kurma

Kisah Inspiratif Sahabat Nabi, Keikhlasan serta Kecerdikan Abdurrahman dalam Berdagang

Abdurrahman hanya meminta hasil bagi seikhlasnya saja bilamana hasil dari berdagang itu mendapat untung. Sontak, ide cemerlang Abdurrahman ini diterima dengan baik oleh pedagang sekitar.

Para pedagang itu pun berbondong-bondong pindah menuju lapak baru milik Abdurrahman. Hal ini membawa keuntungan tersendiri bagi dirinya, karena para pedagang di sana berhasil meraup untung berkat tidak adanya biaya operasional.

Dari berbagai sumber Kisah inspiratif sahabat nabi, salah satunya dalam buku Cara Meng-Upgrade Diri Dengan Metode EnSQ Enterpreneur Spiritual Question karya Bahruddin. Nilai kekayaan Abdurrahman saat wafat yakni mencapai Rp. 6 triliun.

Meneladani Kisah Abdurrahman yang Suka Bersedekah

Meski Abdurrahman terkenal sebagai orang yang kaya raya dan sukses, hal ini tidak membuatnya menjadi seorang yang kikir dan sombong. Dari berbagai sumber disebutkan bahwa ia pernah menyumbangkan 40 Dinar (sekitar 19 juta Rp).

Tidak hanya itu, ia juga pernah menyumbangkan 500 ekor kuda untuk berjihad, 1500 tunggangan rahilah (unta pembawa barang). Serta pernah menyumbangkan 500 unta untuk berperang, dan memerdekakan 30 hamba sahaya di hari yang sama.

Sebenarnya masih banyak lagi kisah sedekah yang dilakukan Abdurrahman bin Auf. Dari kisah inspiratif sahabat nabi tersebut, semoga kita terinspirasi untuk selalu berusaha demi meraih kesuksesan dunia dan akhirat.

Tinggalkan komentar