Wajib! Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Beserta Artinya

Doa Naik Kendaraan – Dalam kehidupan sehari-hari, kendaraan memainkan peran penting sebagai sarana transportasi. Baik untuk perjalanan jarak dekat maupun jauh, kendaraan membantu kita mencapai tujuan dengan lebih cepat dan efisien. Islam sebagai agama yang sempurna telah memberikan panduan lengkap termasuk doa yang dapat kita baca saat akan naik kendaraan.

Artikel ini akan membahas tentang doa saat akan naik kendaraan ini, maknanya, dan bagaimana penerapannya sesuai dengan ajaran Islam.

Pentingnya Membaca Doa Saat Naik Kendaraan

Membaca doa saat akan memulai perjalanan dengan kendaraan bukan hanya sebuah ritual, tetapi juga cara untuk memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT. Dengan membaca doa, kita mengingat kebesaran Allah dan bersyukur atas nikmat kendaraan yang memudahkan kita dalam beraktivitas.

Doa Naik Kendaraan dalam Islam

Berikut adalah doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW ketika kita akan naik kendaraan:

1. Doa Naik Kendaraan Darat

Dari Abdullah bin Umar RA, Nabi Muhammad SAW ketika menaiki kendaraan beliau mengucapkan:

“Subhanalladzi sakhkhara lana hadza wama kunna lahu muqrinin. Wa inna ila rabbina lamunqalibun.” (Maha Suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami). (QS. Az-Zukhruf: 13-14).

Makna dari doa ini adalah pengakuan atas kekuasaan Allah yang telah memberikan kemampuan kepada manusia untuk menaklukkan kendaraan dan memanfaatkannya. Selain itu, doa ini juga mengingatkan kita bahwa pada akhirnya kita semua akan kembali kepada Allah SWT.

2. Doa Naik Kendaraan Laut

Ketika naik kendaraan laut, seperti perahu atau kapal, kita dianjurkan untuk membaca doa yang sama dengan kendaraan darat. Namun, ada tambahan doa yang dianjurkan yaitu:

“Bismillahi majraha wa mursaaha inna rabbi laghafurur rahim.” (Dengan nama Allah, berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang). (QS. Hud: 41).

Doa ini dibaca oleh Nabi Nuh AS ketika menaiki bahtera bersama umatnya. Doa ini mengandung permohonan perlindungan dan keselamatan selama berada di atas kendaraan laut.

Baca Juga: Ternyata Ini! Penyebab Doa Kita Tidak Dikabulkan

Manfaat Membaca Doa Naik Kendaraan

Membaca doa sebelum melakukan perjalanan memiliki banyak manfaat baik secara spiritual maupun psikologis. Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Memohon Perlindungan dari Allah SWT: Dengan membaca doa, kita memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala bahaya dan mara bahaya yang mungkin terjadi selama perjalanan.
  2. Menghadirkan Ketenangan Hati: Doa memberikan ketenangan dan kedamaian hati, karena kita menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT. Hal ini dapat mengurangi kecemasan dan stres selama perjalanan.
  3. Mengingat Kebesaran Allah: Doa mengingatkan kita bahwa segala sesuatu yang kita nikmati, termasuk kendaraan, adalah nikmat dari Allah SWT. Ini menguatkan rasa syukur dan ketergantungan kita kepada-Nya.
  4. Menghindari Gangguan Setan: Membaca doa juga menjadi pelindung dari gangguan setan yang dapat menyebabkan kecelakaan atau hal-hal buruk lainnya.

Praktik Membaca Doa Naik Kendaraan

Agar doa naik kendaraan menjadi bagian dari rutinitas, berikut beberapa tips praktis yang dapat diterapkan:

  1. Hafalkan Doa: Luangkan waktu untuk menghafalkan doa ini agar mudah diucapkan kapan pun diperlukan.
  2. Ajarkan kepada Keluarga: Ajarkan doa ini kepada anggota keluarga, terutama anak-anak, agar mereka juga terbiasa membaca doa sebelum melakukan perjalanan.
  3. Pasang Pengingat: Tempelkan stiker atau kartu doa di dalam kendaraan Anda sebagai pengingat untuk selalu membaca doa.
  4. Niat yang Tulus: Bacalah doa dengan niat yang tulus dan penuh keyakinan kepada Allah SWT. Yakinlah bahwa Allah akan melindungi dan memberikan keberkahan selama perjalanan.

Doa sebagai Penjaga Keselamatan dalam Perjalanan

Membaca doa sebelum melakukan perjalanan dengan kendaraan adalah salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan dalam Islam. Doa ini tidak hanya memberikan perlindungan dan keberkahan, tetapi juga mengingatkan kita untuk selalu bersyukur atas nikmat Allah SWT. Dengan mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW dalam membaca doa naik kendaraan, kita dapat menjalani perjalanan dengan lebih tenang, aman, dan penuh rasa syukur.

Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya membaca doa naik kendaraan dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita biasakan untuk selalu memulai perjalanan dengan doa, agar setiap langkah yang kita ambil senantiasa berada dalam lindungan dan ridha Allah SWT.

Satu pemikiran pada “Wajib! Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Beserta Artinya”

Tinggalkan komentar