Berikut! Amalan di Bulan Sya’ban Sebab dan Buku Amal Catatan akan Ditutup

Sya’ban adalah bulan yang dihimpit oleh bulan Rajab dan Ramadan, banyak amalan di bulan Sya’ban bernilai pahala besar yang bisa Anda kerjakan. Pada pertengahan bulan Sya’ban, atau tepatnya pada tanggal 15 Sya’ban tahun Hijriah, ada malam yang disebut malam Nisfu Sya’ban.

Nisfu Sya’ban juga menjadi malam yang penuh kemulian setelah malam Lailatul Qadar. Pasalnya pada malam ini, Allah menurunkan pengampunan serta mengabulkan permohonan hamba-hambaNya yang Sholeh (berdasar HR. Imam Ibnu Majah).

Tidak hanya itu, pada malam Nisfu Sya’ban juga dua malaikat pencatat yakni Raqib dan Atid akan ditugaskan untuk menyerahkan catatan amal manusia. Oleh karena itu, seluruh umat Muslim dianjurkan untuk banyak mengerjakan amal saleh di bulan ini.

Apa Saja Amalan di Bulan Sya’ban?

Malam Nifsu Sya’ban begitu mulia sekali, sehingga kita dianjurkan untuk mengerjakan amalan-amalan di malam tersebut. Lantas, apa sajakah diantaranya?

1). Membaca Doa Malam Nifsu Sya’ban

“Allaahumma innaka ‘afuwwun- kariimung-tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni. Allaahumma innii asalukal ‘afwa wal ‘aafiyata wal mu’aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.”

Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf, afiyah, dan keselamatan yang terus-menerus dalam agama dan dunia serta akhirat.”

Saat memasuki malam Nisfu Sya’ban, seluruh umat Muslim hendaknya membaca doa di atas. Sebab, amalan di bulan Sya’ban ini bertujuan sebagai permohonan maaf seseorang hamba terhadap Allah SWT.

2). Mengerjakan Salat Sunah Tasbih

Amalan selanjutnya yang disepakati para ulama memiliki keutamaan terpenting saat Nifsu Sya’ban adalah mengerjakan salat sunah tasbih. Rasulullah SAW pernah mengajarkan hal ini kepada pamanNya, yakni Sayyidina Abbas RA.

Baca Juga: Amalan Bulan Rajab yang Bisa Mendatangkan Pahala

3). Mengerjakan Puasa

“Bulan Syaban adalah bulan yang biasa dilupakan orang karena letaknya antara bulan Rajab dengan bulan Ramadhan. Bulan Syaban adalah bulan diangkatnya amal-amal. Karenanya aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku aku dalam keadaan sedang berpuasa,” (HR Abu Dawud).

Menurut hadis di atas, amalan di bulan Sya’ban selanjutnya yang bernilai pahala besar adalah berpuasa. Adapun, nait puasa malam nisfu sya’ban adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa’i sunnati Sya’bana lillaahi ta’aalaa.”

Artinya, “Aku berniat puasa sunnah Syaban esok hari karena Allah Ta’ala.”

Join grup telegram Yayasan Senyum Mandiri agar mendapatkan info menarik lainnya: JOIN

4). Membaca Surat Yasin 3x

Membaca surat Yasin sebanyak tiga kali pada malam Nisfu Sya’ban juga memiliki keutamaan yang besar bagi siapa saja yang membacanya. Bacaan Yasin pertama niatkan semoga kita dipanjangkan umurnya oleh Allah SWT.

Bacaan Yasin kedua niatkan semoga Allah menjauhkan kita dari segaal bala serta diberikan rizki halal yang berlimpah. Dan bacaan Yasin terakhir niatkan agar kita meninggal dalam keadaan husnul khatimah.

5). Membaca Kalimat Tahlil

Amalan di bulan Sya’ban selanjutnya adalah dengan memperbanyak membaca kalimat tahlil. Berikut bacaan doanya:

“Laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minadzdzoolimiin”

Artinya, “Tiada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zalim.”

6). Membaca Al-Quran dan Surat Al-Waqiah

Pada malam Nisfu Sya’ban, seluruh umat Muslim dianjurkan untuk membaca Al-Quran. Disamping itu, selain membaca surat Yasin, kita juga diperkenankan untuk membaca surat Al-Waqiah.

Surat Al-Waqiah sendiri merupakan surat kekayaan. Terlebih bila dibaca di malam Nisfu Sya’ban, tentu manfaatnya akan berlipat ganda.

7). Memperbanyak Istigfar

Dan amalan di bulan Sya’ban terakhir adalah dengan memperbanyak membaca istigfar. Tiada manusia yang terlepas dari kesalahan maupun dosa, namun Allah senantiasa berbaik hati memberikan pengampunan kepada hambaNya.

Oleh karena itu, perbanyaklah membaca istigfar terutama di malam nisfu Sya’ban. Dan selalu berdoa agar segala kesalahan beserta dosa kita dapat dihapuskan oleh Allah SWT.

Satu pemikiran pada “Berikut! Amalan di Bulan Sya’ban Sebab dan Buku Amal Catatan akan Ditutup”

Tinggalkan komentar