Cara Menjadi Orang Tua yang Baik dalam Membesarkan anak

Cara menjadi orang tua yang baik – Setiap orang mungkin bisa menjadi orang tua, tapi tidak setiap dari mereka bisa menjadi orang tua yang baik. Menjadi orang tua memang tidak semudah yang dikira.

Di samping harus merawat anak, pastinya ada sesuatu pekerjaan yang harus kita selesaikan. Terlebih setiap orang tua pastinya ingin anaknya tumbuh menjadi pribadi yang baik, memiliki sikap empati, percaya diri, mandiri, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana caranya menjadi orang tua yang baik. Sehingga Kita bisa membesarkan anak dengan penuh kasih sayang.

Bagaimana Cara Menjadi Orang Tua yang Baik?

Mendidik anak kenyataannya memang sangat sulit. Namun, asalkan kita mau bersabar dan mengerti perasaan anak, mungkin mendidik mereka akan terasa lebih mudah. Berikut tips-tips untuk menjadi orang tua yang baik.

1). Tunjukkan Rasa Cinta dan Kasih Sayang

Cara menjadi orang tua yang baik adalah dengan memberikan rasa cinta dan kasih sayang. Setiap orang tua pasti selalu mencintai anaknya.

Namun terkadang, anak juga membutuhkan bukti nyata yang bisa mereka lihat dan rasakan. Terutama bagi anak-anak di usia yang masih sangat muda. Cara untuk menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang bisa dilakukan dengan langkah berikut:

  • Berikan pelukan hangat.
  • Katakan “I love You” atau “Ayah/Ibu sayang Kamu.”
  • Berikan sentuhan yang dapat membuatnya merasa nyaman.

2). Bertutur Kata Positif

Cara menjadi orang tua yang baik selanjutnya adalah dengan selalu bertutur kata positif pada sang anak. Contoh bentuk kata-kata positif diantaranya seperti memberinya pujian, motivasi, serta tidak menyalahkan anak apapun situasinya.

Jika kita menerapkan hal tersebut, dapat membuat anak menjadi lebih sayang dan terbuka terhadap diri kita. Mereka tidak akan takut untuk menceritakan kejadian yang dialami, bahkan hal yang kurang menyenangkan sekalipun.

3). Jangan Membanding-bandingkan

Mungkin di antara orang tua masih banyak suka membanding-bandingkan anak dengan orang lain, apalagi jika dibandingkan dengan saudara kandung. Siapapun pastinya tidak suka dibanding-bandingkan, terlebih bagi anak yang sedang dalam masa mencari jati diri.

Maka dari itu, tidak membanding-bandingkan anak merupakan suatu cara menjadi orang tua yang baik yang perlu diterapkan. Lagian, orang tua yang selalu membandingkan anaknya, akan dinilai sebagai orang tua yang pilih kasih.

4). Dengarkan Perkataan Anak

Komunikasi antara orang tua dengan sang anak hendaknya jangan berlangsung searah, melainkan dua arah. Ketika anak ingin menyampaikan sesuatu, maka tugas orang tua adalah menunjukkan ketertarikan dengan cara mendengarkannya.

Jangan dengarkan anak sambil sibuk mengurusi hal yang lain. Jika memang sibuk, orang tua bisa menghentikan aktivitasnya sejenak. Atau bisa juga meminta anak untuk menunggu sebentar. Dengan begitu, mereka tidak merasa diabaikan.

5). Lakukan Kegiatan Menyenangkan bersama

Dan cara menjadi orang tua yang baik sekaligus yang terakhir ialah, dengan meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas menyenangkan bersama.

Jangan terpaku terhadap seberapa banyak waktu yang dihabiskan, melainkan seberapa berkualitasnya waktu yang diluangkan bersama sang anak.

Beberapa contoh kegiatan menyenangkan yang bisa orang tua lakukan dengan anak misalnya seperti travelling, memasak, berolahraga, dan masih banyak lagi. Nah, itu tadi beberapa tips cara menjadi orang tua yang baik, jangan lupa praktikan ya!

2 pemikiran pada “Cara Menjadi Orang Tua yang Baik dalam Membesarkan anak”

Tinggalkan komentar