Berikut Manfaat Sedekah Jumat yang Bisa Mendatangkan Pahala Berlipat

Manfaat sedekah jumat begitu banyak sekali, dan Kamu harus mengetahuinya. Sedekah sendiri merupakan salah satu amalan yang sangat dicintai Allah. Apalagi jika dilakukan di hari jumat. Tak perlu ditanyakan lagi, hari jumat memang termasuk hari yang istimewa bagi umat Islam.

Di waktu ini pun, seluruh laki-laki muslim akan melaksanakan salat jumat seraya mendengarkan khutbah. Selepas itu, terkadang beberapa Masjid membagikan sedekah berupa kotak nasi untuk dibagi-bagikan.

Melihat betapa besarnya antusiasme umat Muslim demi menunaikan sedekah jumat, terlintas sesuatu dibenak pikiran kita. Memangnya sebesar apa sih manfaat bersedekah di hari jumat?

Berikut Manfaat Sedekah Jumat

Sedekah sebenarnya bisa dilakukan di hari apa saja, tidak selalu di hari jumat. Akan tetapi, sebab jumat merupakan hari yang penuh berkah, maka tak heran banyak orang berbondong-bondong untuk bersedekah di hari tersebut.

Tanpa berlama-lama, berikut manfaat sedekah di hari jumat:

1). Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Manfaat sedekah jumat yang pertama adalah akan mendapat pahala berlipat ganda. Hal ini dikarenakan kemuliaan hari jumat yang bisa melipatgandakan amalan seseorang. Hal ini dijelaskan melalui bunyi hadis berikut yang artinya:

“Sedekah itu dilipat gandakan pahalanya pada hari Jumat (yakni bila sedekah itu pada hari Jumat maka pahala berlipat ganda dari hari lain.” (HR. Abi Syaibah).

2). Memperkuat Tali Persaudaraan

“Sedekah yang diberikan kepada seorang kerabat melayani tujuan ganda, yaitu menjadi sedekah itu sendiri dan mempererat persaudaraan.” (HR. At-Tirmidzi).

Ya, sesuai hadis sabda Rasulullah SAW diatas, manfaat sedekah jumat selanjutnya ialah bisa mempererat tali persaudaraan. Karena selain bersedekah, kita pun turut berbagi kebaikan antar sesama umat Muslim lainnya.

Baca Juga: Keutamaan Sedekah Hari Jum’at yang Tidak Diketahui Banyak Orang

3). Menyenangkan Hati Orang Lain

Meskipun terkesan sederhana, namun dengan bersedekah Kita dapat menyenangkan hati orang lain. Misalnya saja, di hari jumat kita membagi-bagikan makanan kepada anak yatim, fakir, miskin, atau orang-orang yang membutuhkan.

Tentu walaupun hanya mendapatkan sebungkus nasi, mereka akan merasa senang. Di samping kita menyenangkan hati orang lain, di sisi lain kita juga mendapatkan pahala berlimpah.

4). Sedekah Membawa Keberuntungan

Dan manfaat sedekah jumat yang terakhir yaitu, orang-orang yang senantiasa bersedekah, maka ia terjaga dari sifat kekikiran. Maka orang yang jauh dari sifat itulah yang Allah katakan beruntung. Hal ini dijelaskan dalam QS At-Tagabun ayat 16:

فَاتَّقُوا اللّٰهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ وَاسْمَعُوْا وَاَطِيْعُوْا وَاَنْفِقُوْا خَيْرًا لِّاَنْفُسِكُمْۗ وَمَنْ يُّوْقَ شُحَّ نَفْسِهٖ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Artinya, “Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah; dan infakkanlah harta yang baik untuk dirimu. Dan barang-siapa dijaga dirinya dari kekikiran, mereka itulah orang-orang yang beruntung.”

Sahabat Senyum Mandiri, ternyata manfaat sedekah jumat begitu luar biasa. Maka dari itu, jangan pernah lewatkan untuk bersedekah di hari jumat. Tidak perlu dengan jumlah nominal yang besar, melainkan dengan keikhlasan hati yang paling dalam.

Bagi sahabat yang ingin bersedekah, tunggu apa lagi? Ayo berdonasi melalui Senyum Mandiri! Kami memiliki sejumlah Program yang tentunya bertujuan untuk membantu masyarakat diluar sana yang membutuhkan. Demikianlah artikel seputar manfaat sedekah jumat, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar