Dibombardir! Kabar Terkini Kondisi Rumah Sakit Indonesia Di Gaza

Setelah menggempur Rumah Sakit Al Shifa, kini Rumah Sakit Indonesia di Gaza menjadi target selanjutnya!

MER-C Indonesia mengumumkan bahwa Rumah Sakit Indonesia di Gaza telah diserang oleh Israel. Israel luncurkan serangan udara ke arah Rumah Sakit Indonesia.

Tank-tank milik zionis Israel sudah mendekati Rumah Sakit Indonesia di Gaza, dan sebelumnya pada dini hari, Senin, 20 November 2023, penyerangan Israel terjadi di lantai dua sebelah utara.

Penyerangan tersebut membuat tenaga medis maupun setiap orang yang ada disana tidak bisa bergerak sama sekali. Pasalnya, siapapun yang bergerak akan langsung ditembaki oleh tentara zionis Israel.

Seorang wartawan Al-Jazeera, Anas Asyarief mendengar suara tembakan saat tengah melakukan siaran langsung di depan pintu.

“Kami mendapat ancaman di RS Indonesia, dan kami terjebak di dalamnya,” katanya.

Hingga kini, sebanyak 12 orang tewas akibat aksi Israel tersebut itu, termasuk pasien, dan puluhan orang mengalami luka yang sangat serius.

Menurut kutipan dari CNN International, IDF berdalih tembakan dilakukan untuk menanggapi serangan yang menargetkan pasukan mereka dari dalam RS. Pasukan Zionis berujar mereka ditembaki lebih dulu.

Padahal, berdasarkan laporan Al-Jazeera tersebut, Rumah Sakit Indonesia di Gaza penuh dengan 6.000 orang. Termasuk staf dan dokter hingga 700 pasien berlindung di dalamnya.

Kini, listrik di Rumah Sakit tersebut padam setelah generatornya terkena serangan, sehingga memaksa petugas medis untuk mengoprasi pasien sambil menggunakan lampu dari ponsel.

Menanggapi kejadian tersebut, Indonesia sendiri melalui Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, mengutuk sekeras-kerasnya atas perbuatan zionis Israel yang melakukan serangan ke Rumah Sakit Indonesia di Gaza. Terlebih lagi, gencatan senjata yang dilakukan tentara zionis Israel telah menewaskan sejumlah warga sipil.

“Serangan tersebut merupakan pelanggaran nyata terhadap hukum humaniter internasional,” kata Retno pada keterangan persnya.

Menlu Retno menyebut semua negara, terutama yang memiliki hubungan dekat dengan Israel, harus bergerak. Masing-masing harus memaksimalkan segala pengaruh dan kemampuannya untuk mendesak dan menghentikan kekejaman Negara Zionis tersebut.

Kemudian, Menlu Retno bersama dengan mentri Arab lainnya pergi ke Tiongkok sebagai Presidensi DK PBB untuk follow up agenda pertemuan dewan keamanan dan mengeluarkan resolusi tegas soal konflik Palestina dan Israel.

Resolusi OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) dan Liga Arab mengeluarkan tiga poin yaitu kemanusiaan, keadilan, dan proses perdamaian.

Dan di dalam pertemuan di Beijing tersebut semua sepakat untuk di segerakan pemutusan gencatan senjata yang tengah terjadi di Gaza.

Sementara itu, kabar terkini dari kejadian penyerangan tentara zionis Israel terhadap Rumah Sakit Indonesia di Gaza, sebanyak 200 pasiennya telah di evakuasi. Mereka telah dievakuasi dengan menggunakan bantuan organisasi kemanusiaan, Komite Palang Merah Internasional.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza, Ashraf al-Qudra kepada AFP, Selasa (21/11/2023), menyebut sebanyak 200 pasien dievakuasi dari Rumah Sakit Indonesia di Gaza, telah dijemput menggunakan bus ke rumah sakit Nasser di kota selatan Khan Yunis.

“Tentara Israel mengepung rumah sakit Indonesia,” katanya.

“Kami khawatir hal yang sama akan terjadi di sana seperti yang terjadi di Al-Shifa,” tambahnya, merujuk pada rumah sakit Al-Shifa yang telah lebih dulu diserang pasukan Israel sejak Rabu (15/11/2023).

Hingga kini, sekitar 400 pasien masih berada di RS Indonesia. Adapun di dalam dan sekitar RS Indonesia juga terdapat 2.000 orang yang mengungsi.

Sebelumnya, Hamas (tentara/pejuang Islam di Palestina) telah melaporkan bahwa puluhan tank dan kendaraan berlapis baja dikerahkan di sekitarn RS Indonesia dan melepaskan tembakan ke arah fasilitas kesehatan tersebut.

Demikianlah pemaparan yang dapat kami sampaikan. Tak hanya menyajikan artikel saja, Yayasan Senyum Mandiri membuka jalan kebaikan bagi Sahabat yang ingin menunaikan Zakat, Infaq, Sedekah, dan Wakaf.

Mari tingkatkan keimanan dengan bersedekah melalui Yayasan Senyum Mandiri!

Informasi lebih lanjut, dapat Sahabat peroleh dengan klik disini!

Rekening Donasi

Tinggalkan komentar