Keutamaan Berbuat Baik walau Sekecil Biji Zarah, Jangan Remehkan!

Dalam ajaran apapun, pastinya selalu mengajarkan umatnya untuk selalu berbuat kebaikan, sebab keutamaan berbuat baik sangatlah banyak. Islam selalu mengajarkan umatnya untuk selalu berbuat baik walau sekecil biji zarah sekalipun.

Begitupun sebaliknya, bagi siapa yang mengerjakan keburukan sekecil biji zarah sekalipun, tentu akan dibalas pula. Sebagaimana dalam QS al-Zalzalah ayat 7-8,

فَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهٗۚ وَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَّرَهٗ

Artinya, “Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya, dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.”

Baca Juga: Keutamaan Sedekah Shubuh

Tafsir ayat 7-8 Surat al-Zalzalah dalam Keutamaan Berbuat Baik

Pada ayat ke-7 surat al-Zalzalah diatas, Allah menjanjikan sesuatu. Siapapun yang mengerjakan kebaikan walau sekecil biji zarah, maka ia akan memperoleh kebaikan sebesar itu pula.

Namun, akan lebih baik jika kita mengerjakan amalan dengan nilai kebaikan yang besar, tentu akan menjadi bekal yang baik untuk kita. Sedangkan pada ayat ke-8, Allah juga memberi ancaman bagi siapapun yang kejahatan sekecil apapun.

Perbuatan manusia selama di dunia baik itu keburukan maupun kebaikan, semua akan nampak. Sebagaimana dalam penggalan surat al-Kahfi ayat 49 berikut,

وَوَجَدُوْا مَا عَمِلُوْا حَاضِرًاۗ وَلَا يَظْلِمُ رَبُّكَ اَحَدًا

Artinya, “…Dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menzalimi seorang jua pun.”

Keutamaan Berbuat Baik dan Contoh Berbuat Kebaikan

“Rasulullah SAW berkata pada Jabir bin Sulaim, Janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun walau hanya berbicara kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya. Amalan tersebut adalah bagian dari kebajikan.’” (HR Abu Daud no. 4084 dan Tirmidzi no. 2722.)

Berbuat kebaikan tidak harus berupa suatu kegiatan yang besar. Sebab, sebagaimana hadis diatas, berbicara dengan wajah tersenyum sekalipun, sudah termasuk salah satu kebaikan. Hal inilah yang menjadikan keutamaan berbuat baik begitu besar.

Berbuat baik bisa dimulai dengan hal-hal mudah seperti tersenyum, menyapa orang lain, membantu pada yang membutuhkan, meringankan beban orang lain. Selan itu, bisa juga dengan membersihkan lingkungan, menanam pohon, dsb.

Keutamaan Berbuat Baik: Anjuran berbuat baik dalam AL-Quran

Selain QS al-Zalzalah, ayat yang mengajarkan manusia untuk mengerjakan kebajikan pun terdapat pada surat lain. Seperti yang terdapat dalam kutipan Surat al-Isra ayat 7 berikut,

اِنْ اَحْسَنْتُمْ اَحْسَنْتُمْ لِاَنْفُسِكُمْ ۗوَاِنْ اَسَأْتُمْ فَلَهَاۗ

Artinya, “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri.”

Perbuatan baik akan menghasilkan kebaikan pula pada orang yang mengerjakannya, begitu juga sebaliknya. Mulai sekarang, mari jangan sungkan untuk berbuat baik walau sekecil biji zarah sekalipun. Lantaran, keutamaan berbuat baik sangatlah banyak.

Tinggalkan komentar