Muslim Harus Lakukan Ini! Berikut 5 Amalan Agar Mendapat Pertolongan Allah

Amalan agar mendapat pertolongan Allah ini dapat Muslim lakukan di situasi apapun, terutama di kala mendapat musibah.

Roda kehidupan akan selalu berputar untuk memberi kita makna dan pelajaran, guna menjadikan kita sebagai seorang Muslim yang kuat dan bersyukur.

Masalah dalam hidup hendaklah kita maknai sebagai cara agar menjadi hamba yang terus meningkatkan kualitas diri. Sebab, kesalahan yang diatasi dengan kebijaksanaan akan menghadirkan perasaan tenang serta berhati-hati dalam mengambil keputusan agar tidak terjerumus kembali akan kesalahan.

Dalam upaya menyelesaikan permasalan tidaklah cukup dilakukan dengan kebijaksanaan saja. Karenanya, kita akan memerlukan pertolongan Allah, walaupun itu diberikan melalui perantara manusia lain.

Namun, perlu kita ketahui bahwasanya pertolongan Allah tidak akan pernah hadir kecuali terhadap sesuatu yang Dia kehendaki. Layaknya seorang rakyat yang memerlukan bantuan terhadap raja, perlu adanya upaya tertentu yang harus kita penuhi agar bantuan itu datang sebagaimana yang kita butuhkan.

Baca Juga: Jangan Putus Harapan, Pertolongan Allah Itu Nyata dan Indah! 

Pada kesempatan kali ini, kami akan memaparkan mengenai amalan-amalan agar mendapat pertolongan Allah. Simak penjelasannya hingga akhir!

5 Amalan Agar Mendapat Pertolongan Allah

Sebelum kita membahas perihal amalan agar mendapat pertolongan Allah, perlu kita yakini terlebih dahulu bahwasanya musibah, karunia, kebahagiaan, suka, duka, maupun ujian merupakan keniscayaan yang akan menimpa setiap manusia. Kendati begitu, hal-hal tersebut adalah kehendak Allah yang tidak dapat ditentang.

Sebagaimana Firman Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 155 yang berbunyi,

وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَىْءٍ مِّنَ ٱلْخَوْفِ وَٱلْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ ٱلْأَمْوَٰلِ وَٱلْأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِ ۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ

Artinya: “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar”.

Dalam hal ini, upaya manusia akan sia-sia tanpa dibarengi dengan keimanan. Untuk itulah kita sangat memerlukan perlindungan dan kasih sayang Allah dalam setiap kondisi. Berikut ini merupakan amalan-amalan agar mendapat pertolongan Allah.

1. Sabar dan Shalat

Bersabar dikala ujian datang ialah ibadah paling utama. Kendati begitu, sabar menjadi Amalan yang sulit dijalani seseorang terutama dalam kesengsaraan yang menyesakkan.

Namun, disamping itu, kekuatan sabar dan shalat dapat menjadi amalan agar mendapat pertolongan Allah. Karena itulah, Muslim harus bisa bersabar dan terus memperbaiki shalat. Pasalnya, shalat mencegah perbuatan keji dan munkar, serta sabar dapat menjadikanmu sosok yang kuat.

Sabar dan shalat ketika ditimpa musibah adalah perintah Allah SWT yang tertuang dalam Surat Al-Baqarah Ayat 153

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar”.

2. Membaca Al-Qur’an dan Mempelajari Maknanya

Rasulullah SAW telah bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah siapa yang mempelajari Al-Qur’an dan mengamalkannya.” (HR Bukhari).

Dari hadits tersebut dapat kita ketahui bahwasanya Al-Qur’an tidak hanya sebatas untuk dibaca, melainkan harus diimbangi dengan mengamalkannya. Untuk mengamalkannya, kita harus terlebih dahulu mengerti akan makna yang terkandung dalam isi Al-Qur’an.

3. Berdzikir

Ketika cobaan datang, perasaan kita memungkinkan untuk bercampur aduk disituasi yang sama. Kecemasan, ketakutan, kesedihan, dan hampa akan mulai mendominasi diri. Sementara itu, yang kita perlukan disaat-saat itu tidak lain hanyalah sebuah ketenangan. Dan dzikir dapat memenuhi diri dengan ketenangan. Pernyataan seperti ini telah lama termaktun dalam Al-Qur’an Surat Ar-Ra’d Ayat 28

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram”.

Perlu diketahui bahwasanya dzikir merupakan ibadah hati yang dapat diamalkan juga melalui lisan. Seperti dengan membaca istighfar untuk memohon ampun, takbir, tasbih, tahmid, dan tahlil untuk mengingat kebesaran Allah, serta mengucap kalimat tarji ( innalillahi wa inna ilaihi roji’un) ketika ditimpa musibah.

4. Memperbanyak Berdo’a

Usaha tanpa do’a hanyalah sebuah perbuatan sia-sia. Sebab itulah usaha hendaknya dibarengi dengan berdo’a. Dengan do’a, tidak ada yang tidak mungkin, karena Allah akan memenuhi hajat seorang hamba yang senantiasa meminta hanya kepada-Nya.

Hal ini tertera dalam Al-Qur’an Surat Al-Mu’min Ayat 60,

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina“.

5. Memperbanyak Sedekah

Seseorang yang memperoleh pertolongan Allah ialah dia yang mendapat kasih sayang-Nya. Dan Amalan agar mendapat pertolongan Allah bisa dilakukan dengan cara memperbanyak bersedekah.

Dalam hadis riwayat Imam Al-Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda:

الصدقة تطفئ غضب الرب وتدفع ميتة السوء

Artinya: “Sesungguhnya sedekah itu memadamkan murka Allah dan menolak mati jelek (su’ul khotimah).” (HR Thabrani).

Sekarang ini, untuk menunaikan suatu Amalan agar mendapat pertolongan Allah dengan cara bersedekah, Sahabat dapat melakukannya dengan mudah.

Melalui Yayasan Senyum Mandiri, sedekah yang Sahabat tunaikan akan disalurkan kepada fakir, miskin dan dhuafa. Dengan begitu, Sababat tidak usah khawatir lagi karena kebaikan yang dilakukan akan tersalurkan dengan baik kepada pihak yang membutuhkan.

Tunggu apalagi? Mari sebarkan kebaikanmu hanya disini!

Rekening Donasi

Tinggalkan komentar