Pengertian Global Warming, Penyebab, serta Dampaknya bagi Lingkungan

Apakah Kamu mengetahui apa itu pengertian Global Warming? Global warming atau dalam bahasa Indonesia berarti pemanasan global, adalah sebuah isu lingkungan tingkat dunia yang masih marak diperbincangkan.

Terlebih, ulah manusia yang tidak bertanggung jawab mengakibatkan pemanasan global semakin parah tiap tahunnya. Dampaknya pun sangat mengerikan, bahkan kini bisa kita rasakan.

Suhu Panas melanda Kawasan Asia

Seperti yang terjadi di kawasan Asia akhir-akhir ini, yang cuacanya terbilang sedang cukup panas. Bahkan pada bulan April, suhu udara di Bangladesh mencapai 51,2 derajat, sedangkan India dan Thailand 44,6 derajat.

Hal ini tidak terlepas dari isu global warming yang tadi disebutkan. Oleh karena itu, ketahuilah pengertian global warming, apa dampaknya sehingga manusia bisa tersadar, dan apa penyebabnya supaya kita semua bisa menanggulangi bersama.

Meskipun Indonesia masih dalam cangkupan wilayah Asia, namun suhunya bisa dikatakan wajar, alias tidak separah Negara-negara tadi. Adapun, terdapat 5 faktor yang menyebabkan mengapa cuaca bisa panas akhir-akhir ini, hal ini disampaikan oleh BMKG:

1). Dinamika atmosfer yang tidak biasa hampir di seluruh kawasan wilayah Asia, termasuk Indonesia.

2). Gerakan semu matahari yang menambah lonjakan panas dari sebelumnya.

3). Tren pemanasan global serta perubahan iklim yang terjadi di sejumlah negara.

4). Indonesia sedang memasuki musim kemarau.

5). Intensitas maksimum dari radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah serta kurangnya tertutupi awan.

Pengertian Global Warming

Global warming atau pemanasan global, adalah suatu fenomena global yang dipicu akibat kegiatan manusia. Kegiatan tersebut berkaitan dengan penggunaan bahan fosil serta alih guna lahan yang semakin meluas.

Kegiatan ini menyebabkan gas-gas yang kian lama jumlahnya semakin banyak di atmosfer. Terutama gas karbon dioksida (CO2), sehingga suhu bumi semakin meningkat.

Baca Juga: Apa Itu Toxic Parents? Apakah Berdampak Negatif Bagi Anak?

Penyebab Adanya Global Warming

Setelah mengetahui pengertian global warming, maka ketahui juga apa saja faktor yang menyebabkan adanya pemanasan global tersebut. Mengutip dari berbagai sumber, berikut diantaranya.

1). Efek Rumah Kaca

Matahari menghasilkan energi yang berguna untuk kehidupan manusia. Saat energi tersebut sampai dipermukaan bumi, ia berubah dari semula cahaya menjadi panas yang menghangatkan bumi.

Sebagian panas diserap bumi, dan sebagiannya lagi dipantulkan sisanya. Namun, akibat banyaknya tumpukan jumlah gas rumah kaca seperti uap air, karbon dioksida, dan metana, menyebabkan panas itu terperangkap.

Gas-gas ini lalu menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan bumi hingga mengakibatkan panas itu tersimpan di permukaan Bumi. Keadaan ini terus menerus terjadi sehingga menyebabkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat.

2). Efek Umpan Balik

Ketahuilah pengertian global warming serta penyebab selanjutnya. Faktor adanya pemanasan global bisa dipengaruhi juga oleh berbagai proses umpan balik yang dihasilkannya. Sebagai contoh ada pada penguapan air.

Akibat panas yang terperangkap oleh gas-gas rumah kaca, dapat menyebabkan lebih banyak air menguap ke atmosfer. Karena uap air sendiri termasuk gas rumah kaca, maka pemanasan akan terus berlanjut. Sehingga menambah jumlah uap air di udara hingga terjadi kesetimbangan konsentrasi uap air.

3). Peternakan (Konsumsi Daging)

Menurut laporan terbaru dari badan terkemuka yang masih berkaitan dengan pengertian global warming, mengungkapkan penyebab adanya pemanasan global.

Disebutkan sebanyak 90% aktivitas manusia selama 250 tahun terakhir inilah yang mengakibatkan bumi semakin panas. Sedangkan menurut laporan PBB tentang peternakan dan lingkungan yang terbit tahun 2006 mengungkapkan bahwa,

“industri peternakan adalah penghasil emisi gas rumah kaca yang terbesar (18%), jumlah ini lebih banyak dari gabungan emisi gas rumah kaca seluruh transportasi di seluruh dunia (13%).”

Dampak Global Warming

Selain mengetahui pengertian global warming dan penyebabnya, Kamu juga harus mengetahui dampak dari pemanasan global yang sangat berbahaya. Mengutip e-modul Kemendikbud, berikut dampaknya:

  • Es di kutub mencair akibat naiknya suhu permukaan bumi, hal ini berdampak pada kenaikan volume air laut.
  • Lapisan ozon (atom oksigen pada atmosfer) menipis. Padahal lapisan ini berperan penting bagi kehidupan manusia.
  • Mempengaruhi kesehatan para makhluk hidup.
  • Mengakibatkan kepunahan sejumlah spesies hewan dan tumbuhan.
  • Penyebab hilangnya terumbu karang.
  • Tepi pantai menjadi tidak layak huni akibat meningkatnya volume air laut.
  • Terjadinya perubahan iklim yang sangat ekstrem di berbagai wilayah bumi. Cuaca ekstrem tersebut tidak dapat diprediksi, bisa sangat panas atau sangat dingin.
  • Curah hujan dan cuaca menjadi tidak menentu. Akibatnya hasil panen bisa terganggu.

Pemanasan global memang tidak bisa kita cegah, tapi bisa dikurangi. Mari kita rawat dan sayangi selalu bumi tercinta kita. Dan itulah pengertian global warming, penyebab, serta dampaknya.

Tinggalkan komentar