Tips Membuat Resolusi Tahun Baru, Apa Saja?

Kedatangan tahun 2023 tak terasa tinggal hitungan jari saja, sudahkah Kamu membuat resolusi tahun baru? Yang dimaksud dengan resolusi sendiri menurut kamus Cambridge adalah, Janji yang dibuat untuk diri sendiri untuk memulai sesuatu yang baik dan menghentikan kebiasaan yang buruk.

Resolusi dalam sudut pandang Islam merupakan suatu hal baik untuk dilakukan. Karena sesuai dengan hadis Rasulullah SAW berikut, “Setiap manusia tentu pernah berbuat salah, dan sebaik-baik manusia yang bersalah adalah yang mau bertobat (tidak mengulangi kesalahan yang sama).” (HR Tirmidzi)

Berikut 7 Tips membuat Resolusi Tahun Baru

Membuat resolusi tidak hanya menyangkut tentang masalah perkembangan diri saja. Kamu juga bisa memasukkan beberapa tujuan pekerjaan serta karier untuk direalisasikan di tahun depan.

Kira-kira, bagaimana tips membuat resolusi tahun baru dan apa saja resolusi yang bisa Kamu buat? Simak bahasan berikut!

1). Gunakan Metode SMART

Langkah awal dalam membuat resolusi bisa Kamu awali dengan menggunakan metode SMART. Melalui metode ini, bisa membuat tujuanmu menjadi lebih terorganisir. Lalu apa kepanjangan dari SMART itu sendiri?

  • Specific (jelas), tentukan apa yang menjadi tujuan kita secara spesifik. Contoh, “aku ingin membeli smartphone baru” oleh karenanya ia harus menabung.
  • Measurable (pilih), kemudian pilih patokan tujuan secara jelas, jangan samar. Misal, “Smartphone yang ingin aku pilih, kompatibel dengan berbagai keperluan”
  • Achievable (dapat tercapai), ketika membuat resolusi tahun baru, pilihlah satu tujuan yang sebisa mungkin bisa tercapai dalam kurun waktu dekat. Misal, “harga smartphone yang aku pilih, masih bisa terjangkau dengan uang tabunganku.”
  • Relevant (relevan), memilih sesuatu harus berdasarkan relevansi dan kecocokanmu. Bukan berdasar ego maupun apa yang sedang tren saat ini.
  • Time-bound (batasan waktu), jangan merencanakan sesuatu dengan batasan waktu yang mustahil, perkirakan waktu yang lebih realistis.

2). Mulai dari Hal Kecil & Jangan terlalu Banyak

Tips membuat resolusi tahun baru selanjutnya ialah, dengan memulai dari hal-hal kecil. Memang, resolusi dibuat untuk menghindari kebiasaan buruk kita. Namun, alangkah baiknya bila dilakukan dengan memulai suatu hal yang bisa kamu lakukan lebih mudah.

Daripada membuat sebuah perencanaan besar, namun Kamu tidak mampu melakukannya. Sehingga rencana tersebut hanyalah sebatas rencana semata, karena tidak bisa direalisasikan.

Selain itu, hindari juga membuat terlalu banyak resolusi. Jaga jumlahnya dalam batas wajar kemampuanmu, agar nantinya Kamu tidak merasa malas karena terlalu muluk-muluk.

3). Adanya Langkah Tujuan yang Lebih Terencana

Bila ingin membuat resolusi tahun baru, jangan hanya menetapkan tujuannya saja. Namun, lengkapi juga dengan langkah-langkah praktis yang bisa Kamu praktikan. Dengan begini, tujuan yang direncanakan akan dapat terwujud meski secara perlahan.

4). Belajar dari Masa Lalu

Sebuah nasehat mengatakan, pengalaman adalah salah satu guru terbaik. Pengalaman pahit dan kegagalan juga bisa menjadi bahan pembuatan resolusi. Dengan melihat kesalahan di masa lalu, bisa menjadi bahan pembelajaran di masa yang akan datang.

5). Memasukkan Hal yang Kamu Sukai

Tips membuat resolusi tahun baru selanjutnya adalah dengan memasukkan hal-hal yang disukai. Kamu dapat menjadikan passion-mu sebagai salah satu tujuan di tahun depan. Dengan begitu, disamping kamu dapat menekuni passion-mu, di sisi lain juga passion-mu dapat berkembang.

6). Jangan Lupakan Resolusi Karier & Antisipasi Kemungkinan Terburuk

Memasuki tahun baru, tidak hanya menjadi ajang untuk mengembangkan diri saja. Ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengembangkan karier kita menuju ke arah mana. Langkah awalnya bisa Kamu awali dengan mempelajari skill serta keahlian baru.

Namun, satu hal penting juga, Kamu harus bisa mengantisipasi halangan yang mungkin akan dihadapi. Hal ini dapat membuat langkah pembuatan resolusi tahun baru mu menjadi efektif. Dengan menuliskan antisipasi halangan, dapat memberitahumu hal apa yang harus Kamu lakukan untuk menghadapinya.

7). Beritahu Orang Lain mengenai Resolusimu & Rencanakan Reward untuk Diri Sendiri

Menurut John Nocross, professor psikologi di University of Scranton, ia mengatakan dengan memberitahu resolusi kita pada orang lain, akan membuatnya semakin efektif.

Dengan memberitahu tahu orang lain terkait resolusi tahun baru kita, secara tidak langsung akan mendorong dirimu agar lebih bersemangat dalam mewujudkannya.

Setelah itu, apabila salah satu resolusi kita ada yang tercapai, tidak ada salahnya untuk memberi reward terhadap diri sendiri. Hal ini dapat memotivasi dirimu agar dapat merealisasikan resolusi lainnya.

Dengan menetapkan resolusi, diharapkan bisa membuat tujuanmu ditahun depan menjadi lebih jelas. Melalui beberapa tips dalam membuat resolusi tahun baru diatas, semoga dapat membantumu dalam membuat resolusi yang menarik dan juga efektif.

Tinggalkan komentar