Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Dikala Musim Hujan

Indonesia kini tengah memasuki cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang, panas terik, sehingga kita harus menjaga kesehatan tubuh sebaik mungkin. Cuaca ekstrem tersebut melanda sejumlah wilayah di Indonesia.

Bahkan beberapa kota tersebut diberitakan terkena bencana banjir yang merugikan masyarakat disana. Bencana banjir memang sudah tidak asing lagi di Indonesia, namun hal tersebut perlu ditangani karena banjir dapat membawa beragam macam penyakit.

Seiring dengan meningkatnya penyakit akibat cuaca yang tidak menentu, maka kita juga wajib meningkatkan serta imunitas kesehatan tubuh. Lantas, apa saja tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dari berbagai macam penyakit?

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh agar Selalu Fit

Menjaga kesehatan sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan. Terdapat beragam aspek yang bisa menjadi acuan dalam menjaga kondisi tubuh, berikut diantaranya.

  1. Istirahat yang Cukup

Istirahat secara teratur merupakan salah satu dasar utama bagi kesehatan. Beristirahat bisa membuat tubuh menjadi lebih kuat. Selain itu, istirahat menjadi salah satu penopang dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Beristirahat yang tepat, dapat dilakukan cukup dengan cara tidur secara teratur setiap harinya. Dengan tidur secara teratur, kita sudah menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Dokter spesialis jantung bernama Vito Damay mengatakan, “Tidur di malam hari dengan waktu yang teratur memudahkan sistem pergantian sel yang rusak dan istirahat hormon hormon dalam tubuh kita.”

Lebih lanjut doter Vito mengatakan, “Kalau tidak teratur maka proses regenerasi sel akan terganggu dan kadar stres dalam tubuh tetap tinggi,” ucapnya. Orang dewasa dianjurkan tidur selama 7-8 jam setiap harinya.

  1. Rajin Olahraga

Langkah berikutnya dalam menjaga kesehatan tubuh yaitu dengan rajin berolahraga. Olahraga rutin mampu menjaga imunitas dalam tubuh kita.

“Sirkulasi tubuh memperlancar peredaran sel-sel imun ke seluruh tubuh membantu membunuh virus atau bakteri yang menyusup,” ucap dokter Vito.

Setiap orang dianjurkan untuk berolahraga selama kurang lebih 150 menit dalam seminggu, atau 30 menit dalam sehari. Olahraga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, hal termudah yang bisa dilakukan yaitu berjoging selama 30 menit.

  1. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi Tinggi

Tips menjaga kesehatan tubuh selanjutnya yaitu mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Makan secara teratur mulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam bisa menghindari risiko terkena penyakit.

Menu makanan harus memiliki kandungan nutrisi yang mencukupi serta seimbang. Prioritaskan makanan yang mengandung protein dan vitamin karena memiliki khasiat bagus untuk imunitas tubuh.

“Jangan lewatkan sarapan. Banyak makan protein seperti tempe dan ikan untuk membangun kekebalan tubuh,” ujar dokter Vito. Kita bisa memulai upaya ini dengan memasukan unsur 4 sehat 5 sempurna dalam menu makanan kita.

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Rutin meminum air putih menjadi unsur penting selanjutnya dalam menjaga kesehatan tubuh. Air dapat menghindarkan kita dari dehidrasi, serta air putih pun berperan penting bagi metabolisme. Minum air putih direkomendasikan sebanyak 2 liter setiap harinya.

  1. Kendalikan Stres

Stress dapat muncul akibat berbagai situasi dan kondisi tertentu. Stress apabila dibiarkan, maka akan menjadi gerbang masuknya berbagai macam penyakit.

Untuk mengurangi stress, kita dapat melakukan kegiatan yang bisa mengurangi stress tersebut. Beberapa diantaranya seperti jalan-jalan, berwisata, makan makanan yang enak, dan lain sebagainya.

Menjaga kesehatan tidak harus menunggu cuaca ekstrem atau kondisi buruk lainnya. Tetapi sudah merupakan kewajiban bagi siapa saja untuk menjaga kondisi tubuh selalu fit. Dengan menjaga kesehatan tubuh, maka risiko terkena penyakit pun akan semakin berkurang.

Deskripsi: Indonesia kini tengah memasuki cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang, dll, sehingga kita harus menjaga kesehatan tubuh sebaik mungkin.[]

Tinggalkan komentar