Ingin Menyerah? Baca Tips agar Semangat Menjalani Hidup Berikut!

Hidup terkadang tidak selalu berjalan sesuai dengan apa yang kita rencanakan, walaupun begitu, kita harus tetap semangat menjalani hidup. Berbagai masalah seperti stres, ketakutan, amarah, rasa gagal, dan ingin menyerah, harus sebisa mungkin kita hindari.

Sebenarnya wajar saja bila kita merasakan hal-hal tersebut dalam kehidupan. Tetapi, apabila kita tak kunjung semangat kembali, mungkin terdapat sesuatu yang salah dalam diri kita sendiri dan mesti diperbaiki.

Bahkan Allah menyuruh kita agar selalu bersemangat seperti yang tertuang dalam QS. ali-Imran ayat 139 berikut.

وَلَا تَهِنُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَنْتُمُ الْاَعْلَوْنَ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ

Artinya, “Dan janganlah kamu (merasa) lemah, dan jangan (pula) bersedih hati, sebab kamu paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang beriman.” (QS. ali-Imran:139).

Berikut Tips agar Semangat Menjalani Hidup

Pada terjemahan ayat diatas, Allah menyuruh kita agar jangan merasa lemah dalam menjalani hidup. Selain itu, Allah juga menyuruh kita agar tidak berlarut dalam kesedihan.

Lantas, apa saja tips yang bisa dilakukan agar selalu semangat menjalani aktivitas? Tanpa berlama-lama, mari simak pembahasan dibawah!

  1. Memulai Hari dengan Berpikir Positif

Saat bangun di pagi hari, sebagian orang langsung memikirkan pekerjaan dan hal rumit sebagainya. Tips pertama agar semangat menjalani hidup yakni dengan selalu berpikir positif.

Usahakan untuk memulai pagi harimu dengan senyuman dan memikirkan hal-hal yang berbau positif. Terdengar sepele, namun saat kamu berpikiran positif, berbagai ide cemerlang serta harapan pasti akan bermunculan.

Selain itu dalam QS. al-Insyirah ayat 5-6, Allah menjelaskan bahwa dibalik kesulitan pasti akan ada kemudahan, berikut ayatnya.

فَاِنَّ مَعَ الۡعُسۡرِ يُسۡرًااِنَّ مَعَ الۡعُسۡرِ يُسۡرًا ؕ

Artinya, “Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan, sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan.” Maka dari itu, selalu berpikir positiflah baik mengenai pekerjaan dan sebagainya.

  1. Hilangkan Berbagai Overthingking

Terlalu banyak memikirkan sesuatu juga dapat berdampak buruk pada pikiran dan tubuh. Hati menjadi tidak tenang, selalu diliputi rasa cemas, gugup, grogi, bahkan hingga kesulitan tidur.

Dengan menghilangkan overthinking dalam pikiran, kita bisa semangat menjalani hidup. Selain itu, berhenti memikirkan sesuatu yang overthinking juga, dapat menghantarkan kita pada kebahagiaan serta dapat terhindar dari stres.

  1. Istirahat yang Cukup

Selain makan, Istirahat merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Bila kita sering melewatkan waktu istirahat, maka risiko terkena penyakit akan semakin tinggi. Terkadang, stres bisa muncul bukan karena masalah, melainkan waktu istirahat yang kurang.

Setelah beraktivitas seharian, tubuh kita perlu beristirahat agar dapat memulihkan energinya kembali. Orang dewasa dianjurkan tidur selama 7-8 jam setiap harinya. Istirahat yang cukup pun menjadi salah satu cara agar dapat semangat menjalani hidup kembali.

  1. Memperbanyak Komunikasi dengan Orang Lain

Di sela kesibukan bekerja atau aktivitas lainnya, luangkanlah waktu untuk sekedar mengobrol dan tertawa. Hal tersebut dapat dilakukan baik bersama teman maupun keluarga, bila tidak bisa secara langsung, bisa juga melalui media telepon.

Walau hanya sekedar mengobrol dan tertawa, nyatanya kegiatan tersebut dapat memberikan kita energi secara tidak langsung. Sebagai makhluk sosial, manusia sudah ditakdirkan untuk saling berinteraksi satu sama lain.

  1. Makan Makanan Enak

Dan cara terakhir agar kita bisa semangat menjalani hidup kembali ialah, mengonsumsi makanan yang enak. Terdengar sepele, tetapi dengan memakan makanan favoritmu, dapat merangsang hormon dopamin.

Hormon dopamin berperan untuk membuat suasana hati bahagia. Meskipun begitu, kita harus tetap memerhatikan nutrisi pada makanan.

Setiap manusia pasti pernah berada pada titik terendahnya, merasa gagal, cemas, takut akan sesuatu, overthinking, dan sebagainya. Tetapi, berlarut dalam kesedihan pun tidak baik, kita harus menghindari hal-hal buruk, agar tetap semangat menjalani hidup.

Deskripsi: Hidup terkadang tidak selalu berjalan sesuai dengan apa yang kita rencanakan, walaupun begitu, kita harus tetap semangat menjalani hidup.

Satu pemikiran pada “Ingin Menyerah? Baca Tips agar Semangat Menjalani Hidup Berikut!”

Tinggalkan komentar