5 Keutamaan Menyantuni Anak Yatim ini Sungguh Luar Biasa, Cek Apa Saja!

Anak yatim merupakan sosok yang istimewa, bahkan dalam Islam keutamaan menyantuni anak yatim dikatakan sungguh luar biasa. Anak yatim sendiri merupakan istilah dari seorang anak yang ditinggal wafat ayahnya sebelum menginjak usia dewasa.

Anak yatim memiliki kedudukan yang tinggi, bahkan telah disebutkan sebanyak 23 kali dalam kitab Al-Quran. Tepatnya, 8 dalam bentuk tunggal, 14 dalam bentuk jamak, serta 1 dalam bentuk dua (mutsanna).

Saking mulianya anak yatim, Islam menjanjikan sejuta manfaat dan keutamaan bagi siapa saja yang menyayangi mereka. Hal ini ditegaskan dalam penggalan ayat ke-220 surat Al-Baqarah, berikut bunyi ayatnya:

فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ ۗ وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْيَتٰمٰىۗ قُلْ اِصْلَاحٌ لَّهُمْ خَيْرٌ ۗ

Artinya, “Tentang dunia dan akhirat. Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang anak-anak yatim. Katakanlah, “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik!”

6 Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

Mengutip dari buku bertajuk “Dahsyatnya Doa Anak Yatim” karya M. Khallurrahman Al Mahfani, berikut beberapa keutamaan menyayangi anak yatim. Simak apa saja!

1). Bersebelahan dengan Rasulullah SAW di Surga

Rasulullah SAW menjanjikan bagi siapa seseorang yang mengasuh anak yatim, kelak akan bersebelahan dengan Beliau layaknya sebuah telunjuk dan jari tengah.

“Saya dan orang yang mengasuh atau memelihara anak yatim akan berada di surga begini,” kemudian beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengah dan merenggangkannya sedikit.” (HR. Bukhari, Tirmidzi, Abu Daud dan Ahmad dari Sahl bin Sa’d).

2). Dijamin Masuk Surga bagi Pengasuh Anak Yatim

Keutamaan menyantuni anak yatim selanjutnya ialah, seseorang yang berbuat baik pada anak yatim dengan memberinya makan dan minum. Kelak akan dimasukkan ke dalam surga. Dengan catatan, ia tidak melakukan dosa besar yang sulit diampuni.

“Orang yang memelihara anak yatim di kalangan umat muslimin, memberikannya makan dan minum, pasti Allah akan masukkan ke dalam surga, kecuali ia melakukan dosa yang tidak bisa diampuni.” (HR. Tirmidzi dari Ibnu Abbas).

3). Diberikan Gelar Abror (Taat kepada Allah)

“Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan (abror) minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur. Yaitu mata air (dalam surga) yang diminum oleh hamba-hamba Allah dan mereka dapat memancarkannya dengan sebaik-baiknya. Mereka menunaikan nazar dan takut akan suatu hari yang azabnya merata di mana-mana. Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan.” (QS. Al-Insan: 5-6).

Keutamaan menyantuni anak yatim selanjutnya tercantum dalam QS Al-Insan ayat 5-6. Bahwasanya mereka yang memelihara anak yatim, akan diberi predikat ‘Abror’ atau seseorang yang taat kepada Allah SWT.

Baca Juga: Keutamaan Memelihara Anak Yatim

4). Mendapat Pertolongan Allah SWT

“Barangsiapa yang menghilangkan kesusahan orang mukmin di dunia maka Allah akan menghilangkan kesusahannya di dunia dan akhirat. Barangsiapa yang meringankan kesulitan orang mukmin di dunia maka Allah akan meringankan kesulitannya di dunia dan akhirat. Dan barangsiapa yang menutupi aib orang muslim maka Allah akan menutupi aibnya di akhirat. Allah akan menolong hamba-Nya selama hamba itu menolong saudaranya.” (HR. Muslim dan Ashhabus Sunan dari Abu Hurairah).

Sebagai umat Muslim, sudah seharusnya kita saling peduli antar sesama. Tak terkecuali kepada anak yatim. Menolong anak-anak yatim kelak akan mendatangkan pertolongan Allah SWT.

5). Dihindari dari Siksa Akhirat

Dan keutamaan menyantuni anak yatim yang terakhir ialah, dihindari dari siksa akhirat. Hal ini sebagaimana dalam bunyi hadis berikut:

“Demi Yang Mengutusku dengan hak, Allah tidak akan menyiksa pada hari kiamat nanti orang yang menyayangi anak yatim, lemah lembut pembicaraan dengannya, menyayangi keyatiman dan kelemahannya.” (HR. Thabrani dari Abu Hurairah).

Menyayangi Anak Yatim sebagai Jembatan Menuju Surga

Kini Anda sudah memahami apa saja Keutamaan menyantuni anak yatim. Mereka adalah sosok yang sangat istimewa. Bahkan Allah SWT dan Rasulullah SAW menjanjikan balasan yang luar biasa bagi sosok yang menyayangi mereka.

Oleh karena itu, mari kita sayangi dan cintai anak yatim. Sebab, mereka bisa saja menjadi jalan Kita menuju surgaNya Allah SWT. Anda bisa turut membantu mereka dengan cara berdonasi melalui Senyum Mandiri.

Nah, berakhir sudah pembahasan kali ini. Setelah ditelisik, ternyata memang banyak sekali ya keutamaan menyantuni anak yatim, semoga kita bisa termotivasi untuk melakukan hal yang sama.

Tinggalkan komentar