Jangan sampai Salah! Kapan Waktu Sholat Taubat yang Tepat?

Waktu sholat Taubat – Manusia sejatinya merupakan makhluk yang tidak pernah luput dari kesalahan dan dosa. Baik itu dosa kecil atau besar, yang disengaja maupun tidak disengaja, semua pasti pernah melakukannya.

Maka sudah sepatutnya bagi seorang muslim yang beriman agar senantiasa memohon ampun kepada Sang Maha Kuasa. Memohon ampunan ini dapat berupa ucapan, yakni beristighfar. Atau juga melalui suatu ibadah, seperti sholat taubat.

Apa Itu Sholat Taubat?

Menurut buku berjudul Panduan Muslim Sehari-hari karya Hamdan Rasyid dan Saiful Hadi El-Sutha. Sholat Taubat merupakan sholat yang dikerjakan saat seseorang merasa sungguh ingin bertaubat agar dirinya dibersihkan dari segala kesalahan dan dosa.

Yang mana sholat ini juga bertujuan dalam memohon ampunan Allah SWT. Namun, masih banyak yang tidak mengetahui kapan waktu sholat taubat yang tepat.

Padahal, dengan mengetahui kapan waktu pelaksanaan yang tepat beserta tata caranya, kita bisa memaksimalkan sholat taubat. Sholat taubat juga disunnahkan bagi mereka yang mencari ketenangan jiwa dan ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Lantaran, orang yang memiliki banyak dosa hidupnya tidak pernah damai dan selalu diliputi dengan ketidaktentraman. Hidupnya selalu diliputi dengan kegelisahan, kekhawatiran, dan kecemasan akibat dari dosa-dosanya itu.

Dalil tentang Perintah Bertaubat

Sebelum mengulik mengenai kapan waktu sholat taubat yang tepat, ketahuilah bahwasanya Allah telah memerintahkan hambaNya agar sholat taubat. Hal itu terdapat pada QS At-Tahrim ayat 8.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا تُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ تَوْبَةً نَّصُوْحًاۗ

Artinya, “Wahai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya.”

Tidak hanya itu, Rasulullah SAW juga menganjurkan pada umatNya untuk melaksanakan sholat taubat. Hal ini disampaikan dalam sabda Nabi dari Abu Bakar,

“Setiap hamba yang melakukan dosa, lalu berwudhu dengan wudhu yang sempurna, kemudian berdiri untuk sholat dua rakaat, kemudian memohon ampun dari segala dosa, niscaya Allah memberi ampun padanya.” (HR Abu Dawud).

Baca Juga:
Jenis-Jenis Taubat yang Perlu Anda Ketahui
Tata Cara Sholat Taubat

Kapan Waktu Sholat Taubat yang Tepat?

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat taubat? Sama seperti sholat sunnah lainnya, sholat taubat bisa dilakukan dengan 2 rakaat, bahkan hingga 6 rakaat dengan satu salam di setiap dua rakaatnya.

Adapun mengenai waktu pelaksanaannya, menurut buku Panduan Sholat Rasulullah 2, sholat taubat dapat dikerjakan kapan saja. Baik pagi, siang, ataupun malam hari.

Namun, akan lebih baik apabila sholat taubat dikerjakan pada malam hari, atau sebelum waktu tidur. Demikianlah artikel mengenai kapan waktu sholat taubat, ingatlah bahwasanya tiada satupun manusia yang luput dari dosa.

Tinggalkan komentar