Alasan Mengapa Laki-laki diwajibkan Shalat Jumat Berjamaah, Wajib Tahu!

Setiap hari jumat, setiap laki-laki muslim akan melaksanakan ibadah shalat jumat berjamaah di masjid, terlebih bagi mereka yang sudah baligh. Waktu pelaksanaan shalat jumat dimulai pada waktu Dzuhur.

Shalat jumat merupakan salah satu syariat yang membuat hari jumat menjadi hari yang lebih istimewa. Hal itu dikarenakan hari jumat memiliki banyak sekali keutamaan serta menjadi hari raya umat islam.

Dasar Hukum Perintah Melaksanakan Shalat Jumat Berjamaah

Perintah melaksanakan shalat jumat sejatinya telah Allah firmankan dalam QS al-Jumuah ayat 9 berikut,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya, “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jum‘at, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Selain dari ayat diatas, ada beberapa alasan lain mengapa laki-laki diwajibkan shalat jumat. Apa saja alasannya? Simak terus pembahasan ini.

Berikut Alasan Mengapa Laki-laki Shalat Jumat Berjamaah

Mengutip dari salah satu buku berjudul ‘Superberkah Shalat Jumat: Menggali dan Meraih Keutamaan di Hari yang paling Istimewa’ karya Firdaus Wajdi dan Luthfi Arif. Menjelaskan bahwa, kriteria utama untuk melaksanakan shalat jumat ialah laki-laki.

Perempuan juga dianjurkan untuk melaksanakan shalat di hari jumat, tetapi cukup di rumah saja. Hal ini didasari dari sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadis berikut,

“Dari Thariq bin Syihab, Rasulullah SAW bersabda: Shalat Jumat itu dilaksanakan secara jamaah dan wajib hukumnya bagi seorang Muslim selain hamba sahaya, perempuan, anak-anak atau orang yang sakit.” (HR. Abu Dawud)

Selain perintah melaksanakan shalat jumat diatas, terdapat beberapa alasan lain mengapa laki-laki diwajibkan shalat jumat berjamaah. Seperti yang dikutip dari buku ‘Rahasia dan Keutamaan Hari Jumat’ karya Komarudin Ibnu Mikam.

  • Shalat jumat merupakan haji bagi umat muslim yang tidak mampu melaksanakannya.
  • Shalat jumat setara dengan ibadah puasa dan shalat selama satu tahun.
  • Barang siapa yang melaksanakan shalat jumat, maka ia akan diampuni segala dosa-dosanya.
  • Shalat jumat akan mendatangkan pahala yang berlimpah, terutama bagi orang yang datang ke masjid lebih awal.
  • Umat Muslim diberikan kesempatan untuk melaksanakan shalat di hari yang istimewa.

Alasan Mengapa Perempuan tidak Dianjurkan Mengikuti Shalat Jumat Berjamaah

Ada alasan tertentu mengapa perempuan tidak disarankan untuk melaksanakan shalat jumat. Hal ini dikarenakan adanya kekhawatiran yakni, terjadinya fitnah apabila laki-laki dan perempuan dalam jumlah yang banyak berkumpul dalam satu tempat.

Oleh karena itu, perempuan lebih dianjurkan shalat Dzuhur saja di rumah. Sedangkan laki-laki wajib shalat jumat berjamaah.

Satu pemikiran pada “Alasan Mengapa Laki-laki diwajibkan Shalat Jumat Berjamaah, Wajib Tahu!”

Tinggalkan komentar