Alasan Mengapa Laki-laki diwajibkan Shalat Jumat Berjamaah

Pernahkan kamu berfikir kenapa sih shalat jum’at berjamaah hanya dilaksanakan oleh laki-laki, kenapa perempuan tidak melaksanakan nya juga?. Apakah ada sejarahnya atau dalil yang melandasinya? Adakah Alasannya?

Untuk pertanyaan-pertanyaa diatas kita coba bahas dan kaji dengan seksama mengenai judul artikel kita kali ini, Yuk disimak!

Setiap hari jumat, setiap laki-laki muslim akan melaksanakan ibadah shalat jumat berjamaah di masjid, terlebih bagi mereka yang sudah baligh. Waktu pelaksanaan shalat jumat dimulai pada waktu Dzuhur. Namun bukan berarti kita harus tetap mengerjakan shalat dzuhur, akan tetapi shalat jum’at menggantikan kewajiban kita mengerjakan shalat dzuhur.

Baca Juga: Jum’at Berkah! Inilah Keutamaan yang Ada Pada Hari Jum’at

Shalat jumat merupakan salah satu syariat yang membuat hari jumat menjadi hari yang lebih istimewa atau sering disebut sebagai sayyidul ayyam (rajanya hari). Hal itu dikarenakan hari jumat memiliki banyak sekali keutamaan serta menjadi hari raya umat islam.

Dasar Hukum Perintah Melaksanakan Shalat Jumat Berjamaah

Perintah melaksanakan shalat jumat sejatinya telah Allah firmankan dalam QS al-Jumuah ayat 9 berikut,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya, “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jum‘at, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Selain dari ayat diatas, ada beberapa alasan lain mengapa laki-laki diwajibkan shalat jumat. Apa saja alasannya? Simak terus pembahasan ini.

Sejarah Shalat Jum’at Pertama Kali Dikerjakan

Shalat jum’at pertama kali dikerajakan pada zaman Nabi Muhammad SAW dalam perjalanan hijrahnya. Namun yang perlu diketahui sebenarnya shalat jum’at telah Allah SWT syariatkan kepada Rasulullah SAW sebelum perjalanan hijrah ke yastrib (madinah).

Akan tetapi kondisi pada saat sebelum hijrah tidak memungkinkan untuk melaksakan shalat jum’at. Itu dikarenakan umat islam pada saat itu masih sedikit serta intimidasi dari kamu kafir Qurais yang membabibuta.

Pada akhirnya Rasulullah SAW dan umat islam pada saat itu mengerjakan shalat jum’at pertamakali ketika perjalan hijrah dari mekah ke madinah, Pada 12 rabiul awal atau pada tahun 622 masehi di bulan september.

Rasulullah SAW tiba di Quba tempat yang berjarak kurang lebih 7km dari madinah, saat itu Rasulullah SAW dan umat islam beristirahat disana selama 4 hari, sembari mendirikan masjid quba atau dikenal masjid jum’at yang dimana dimasjid itu shalat jum’at pertama kali dikerjakan beserta turunnya wahyu dari Allah SWT kepada Rasulullah SAW tentang perintah shalat jum’at, di surat Al-Jumu’ah ayat 9.

Berikut Alasan Mengapa Laki-laki Shalat Jumat Berjamaah

Mengutip dari salah satu buku berjudul ‘Superberkah Shalat Jumat: Menggali dan Meraih Keutamaan di Hari yang paling Istimewa’ karya Firdaus Wajdi dan Luthfi Arif. Menjelaskan bahwa, kriteria utama untuk melaksanakan shalat jumat ialah laki-laki.

Perempuan juga dianjurkan untuk melaksanakan shalat di hari jumat, namun ini hanya shalat dzuhur biasa bukan shalat jum’at, sehingga pelaksaannya cukup dikerjakan  dirumah saja. Hal ini didasari dari sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadis berikut,

“Dari Thariq bin Syihab, Rasulullah SAW bersabda: Shalat Jumat itu dilaksanakan secara jamaah dan wajib hukumnya bagi seorang Muslim selain hamba sahaya, perempuan, anak-anak atau orang yang sakit.” (HR. Abu Dawud)

Alasan Mengapa Laki-laki diwajibkan Shalat Jumat Berjamaah

Alasan Mengapa Laki-laki diwajibkan Shalat Jumat Berjamaah

Selain perintah melaksanakan shalat jumat diatas, terdapat beberapa alasan lain mengapa laki-laki diwajibkan shalat jumat berjamaah. Seperti yang dikutip dari buku ‘Rahasia dan Keutamaan Hari Jumat’ karya Komarudin Ibnu Mikam.

  • Shalat jumat merupakan haji bagi umat muslim yang tidak mampu melaksanakannya.
  • Shalat jumat setara dengan ibadah puasa dan shalat selama satu tahun.
  • Barang siapa yang melaksanakan shalat jumat, maka ia akan diampuni segala dosa-dosanya.
  • Shalat jumat akan mendatangkan pahala yang berlimpah, terutama bagi orang yang datang ke masjid lebih awal.
  • Umat Muslim diberikan kesempatan untuk melaksanakan shalat di hari yang istimewa.

Alasan Mengapa Perempuan tidak Dianjurkan Mengikuti Shalat Jumat Berjamaah

Ada alasan tertentu mengapa perempuan tidak disarankan untuk melaksanakan shalat jumat. Hal ini dikarenakan adanya kekhawatiran yakni, terjadinya fitnah apabila laki-laki dan perempuan dalam jumlah yang banyak berkumpul dalam satu tempat.

Hukum dari shalat jum’at bagi permpeuan sendiri adalah mubah, hal ini telah disepakati oleh para ulama. Yang berarti jika perempuan ingin merjakan shalat jumat itu sah saja, akan tetapi biasanya harus ada masjid yang memang benar-benar memisahkan jama’ah laki-laki dan perempuan.

Kekhawatiran seperti timbulnya fitnah karena berkumpulnya laki-laki dan perempuan pada satu tempat tidak terjadi. Hal ini menjadi bentuk dan bukti juga bahwa islam memang menjaga kehormata seorang perempuan.

Hal yang kedua yang melandasi bahwa mengapa perempuan tidak shalat berjamaah yaitu tugas perempuan adalah menunggu suaminya pualng kerumah, lalu tugas laki-laki adalah membagikan ilmu dari hasil khutbah jum’anya kepada istrinya sedangkan istri bertugas mendengarkan apa yang dikatakan suaminya mengenai isi khutbah jum’at tersbut.

Oleh karena itu, dapat digaris bawahi bahwa perempuan lebih dianjurkan shalat Dzuhur saja di rumah. Sedangkan laki-laki wajib shalat jumat berjamaah dimasjid.

Nah teman-teman begitulah penjelasan tentang alasan mengapa Laki-laki diwajibkan shalat jumat berjamaah. Semoga setiap ilmu yang kita dapat darimanapun sumbernya dan dari artikel ini, jika itu hak positif bisa teman-teman aplikasikan di kehidupan sehari-hari

Nantikan artikel kami lainnya, hanya di Yayasan Senyum Mandiri. Tak hanya menyajikan artikel menarik dan informatif saja, Kami juga membukakan jalan bagi Sahabat untuk menunaikan Zakat, Infaq, Sedekah, dan Wakaf.

Informasi lebih lengkapnya bisa klik disini!

Rekening Donasi

Satu pemikiran pada “Alasan Mengapa Laki-laki diwajibkan Shalat Jumat Berjamaah”

Tinggalkan komentar