Ngeri! Inilah Azab Durhaka kepada Orang Tua yang Wajib Kamu Ketahui!

Durhaka kepada orang tua merupakan perbuatan tercela yang amat sangat dibenci oleh Allah, dan RasulNya. Sebab, Islam memandang tinggi peranan orang tua, karena mereka lah yang telah membesarkan kita sedari kecil hingga dewasa.

Karena itu, kita wajib menghormati dan menyayangi ibu dan ayah kita tanpa melakukan sesuatu yang dapat menyakiti mereka. Hal ini tertuang dalam QS Al-Isra ayat 23.

Artinya, “Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

Durhaka kepada Orang Tua Dilarang, Terutama kepada Ibu

Kedudukan ibu dalam agama Islam sangatlah tinggi, bahkan melebihi kedudukan seorang ayah. Bahkan Nabi Muhammad SAW mengulangi perintah untuk berbakti kepada ibu kita sebanyak tiga kali, barulah setelah itu berbakti pada ayah.

Hal ini tidaklah mengherankan, perjuangan seorang ibu memang sangatlah besar. Mulai dari mengandung kita selama 9 bulan, melahirkan, merawat, bahkan hinga membesarkan kita dengan kasih sayang. Maka dari itu, kita wajib berbakti kepada ibu.

Balasan Bagi Orang yang Durhaka kepada Orang Tua

Seseorang yang menghormati dan memperlakukan kedua orang tuanya dengan baik, pastinya akan mendapatkan ganjaran yang besar. Begitupun sebaliknya, barang siapa yang berbuat durhaka terhadap orang tua, maka kesengsaraan siap menanti.

1). Dibenci oleh Allah SWT

“Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murkanya Allah tergantung pada murkanya orang tua.” (HR. Al-Hakim)

Ya, berdasarkan hadis diatas, Allah akan memberikan ridhoNya bilamana orang tuanya meridhoi. Sebaliknya, Allah akan sangat murka bilamana orang tua kita pun murka. Dan itulah balasan pertama bagi anak yang durhaka kepada orang tua.

2). Diberikan Azab di Dunia

Setiap kesalahan serta dosa yang kita perbuat, sejatinya akan dibalas di hari kiamat kelak. Tetapi faktanya, terdapat juga azab yang dihantamkan langsung kepada pelakunya di dunia, yaitu mendurhakai orang tua. Hal ini sejalan dengan perkataan Rasulullah SAW berikut.

“Setiap dosa akan diberikan oleh Allah sekehendak-Nya sampai hari kiamat, kecuali dosa mendurhakai kedua orangtua. Sesungguhnya Allah akan menyegerakan (balasan) kepada pelakunya didalam hidupnya sebelum mati.”

3). Ibadah Sholatnya Ditolak oleh Allah SWT

Balasan bagi anak yang durhaka kepada orang tua selanjutnya ialah, amalan ibadah sholatnya tidak akan diterima. Selagi seseorang masih sering berbuat durhaka pada orang tuanya, Allah tetap tidak akan menerima sholat hambaNya tersebut.

“Allah tidak akan menerima shalat orang yang dibenci kedua orangtuanya yang tidak aniaya terhadapnya.” (HR. Abu Al-Hasan bin Makruf)

4). Dosa-dosanya tidak Akan Diampuni

“Berbuatlah sekehendakmu, sesungguhnya aku tidak akan mengampuni.” Dan dikatakan kepada orang yang berbakti kepada orangtua, “Bahwa berbuatlah sekehendakmu, sesungguhnya aku mengampunimu.” (HR. Abu Nu’aim)

Dalam bunyi hadis di atas, tersirat sebuah pernyataan yang sangat jelas sekali. Seseorang yang tidak berbakti kepada kedua orang tuanya, maka Allah tidak akan mengampuni seluruh dosa dosanya.

Selain itu, azab lain yang masih berkaitan akibat anak yang durhaka kepada orang tua yaitu, seluruh amalan ibadahnya akan terhapus tanpa tersisa. Hal ini sejalan berdasarkan hadis berikut.

“Ada tiga hal yang menyebabkan terhapusnya seluruh amal, yaitu syirik kepada Allah, durhaka pada orang tua dan seorang alim yang dipermainkan oleh orang dungu.” (HR. Thabrani)

Baca Juga: Peristiwa di Bulan Rajab

5). Dipastikan tidak Akan Masuk Surga dan Mencium Wanginya

Siapa yang tak kenal surga? Sebuah tempat impian yang sangat didambakan oleh seluruh umat Muslim di dunia. Namun, merugilah bagi orang-orang yang tidak menghormati serta menyayangi kedua ibu bapaknya alias tidak berbakti kepada mereka.

“Ada tiga jenis orang yang diharamkan Allah masuk surga, yaitu pemabuk berat, pendurhaka terhadap kedua orangtua dan juga seorang dayyuts atau banci (orang yang merelakan kejahatan berlaku di dalam keluarganya, merelakan istri dan anak perempuannya serong).” (HR. Nasa’l dan Ahmad)

Kelak, seorang anak yang durhaka kepada orang tua, maka ia tidak akan dimasukkan ke dalam surga. Lebih lanjut, ia juga tidak akan pernah dapat mencium wangi surga. Padahal wangi surga sendiri dapat tercium dari jarak seribu tahun perjalanan lamanya.

“Sesungguhnya aroma surga itu tercium dari jarak perjalanan seribu tahun dan demi Allah tidak akan mendapatinya barang siapa yang durhaka kepada orangtuanya.” (HR. Thabrani).

6). Tidak Termasuk Golongan Umat Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW sangat mengutuk seseorang yang berbuat durhaka pada ibu bapaknya. Karena itulah, Rasul tidak menganggap mereka dari sebagian umatnya.

7). Disebut Orang Kafir

Balasan azab bagi anak yang durhaka kepada orang tua nya yang terakhir adalah disebut sebagai orang kafir. Dalam sebuah hadits dikatakan.

“Jangan membenci kedua orang tuamu. Barang siapa orang yang mengabaikan kedua orangtuanya, maka dia kafir.” (HR. Muslim)

Satu pemikiran pada “Ngeri! Inilah Azab Durhaka kepada Orang Tua yang Wajib Kamu Ketahui!”

Tinggalkan komentar