Umat Islam Wajib Tahu, Inilah 4 Janji Allah SWT yang Tertuang dalam Al-Quran

Al-Quran merupakan kitab suci yang tidak hanya berisikan pedoman hidup semata, melainkan juga terdapat janji Allah SWT kepada hambaNya. Manusia selama hidup di dunia sudah seharusnya untuk mendulang berbagai pahala sebanyak mungkin.

Sebab, balasan Allah SWT atas segala perbuatan manusia selaku hidup di dunia memang benar adanya dan kita wajib meyakininya. Agar manusia tidak terjerumus dalam kesesatan, Allah telah memberikannya pedoman hidup berupa kitab Al-Quran dan Hadis.

Apa Saja 4 Janji Allah SWT yang Terdapat pada Al-Quran?

Secara umum kandungan isi Al-Quran tidak hanya janji Allah saja. Namun, terdapat isi kandungan lain seperti, akidah, ibadah, akhlak, hukum, sejarah serta kisah umat terdahulu, dan dasar-dasar ilmu pengetahuan.

Akan tetapi pada kali ini, kita akan berfokus pada apa saja janji yang Allah SWT tetapkan dalam kitab suci tersebut. Simak dengan seksama!

1). Barang Siapa yang Rajin Bersyukur, akan Ditambah Nikmatnya

Janji Allah SWT yang pertama yaitu, siapapun seorang hambanya yang gemar gemar bersyukur, maka akan Allah tambah nikmatnya. Segala hal yang ada di dunia ini sejatinya hanya titipan semata, tidak ada harta yang kekal.

Kelak semua akan binasa saat hari akhir tiba. Oleh karena itu, seorang mukmin yang beriman hendaknya memperbanyak bersyukur. Allah SWT berfirman dalam QS. Ibrahim ayat 7,

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya, “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

2). Barang Siapa yang Mengingat Allah, Allah Juga akan Mengingatnya

Sebagai seorang Muslim, hendaknya agar selalu mengingat Allah kapanpun dan dimanapun. Karena sebagaimana janji Allah SWT dalam QS. Al-Baqarah ayat 152, Allah akan mengingat hambanya yang senantiasa mengingat Allah.

فَاذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ ࣖ

Artinya, “Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.”

Baca Juga: 4 sifat mustahil rasul

3). Barang Siapa Memperbanyak Istigfar, Maka akan Diampuni Dosanya

Manusia memang tidak pernah luput dari yang berbagai macam dosa dan kesalahan. Jika kita mengharap tidak ingin dimasukkan ke nerakanya Allah SWT, maka perbanyaklah memohon ampun kepadaNya.

Karena Allah tidak akan menghukum bagi mereka yang senantiasa memohon ampun kepada Allah. Janji Allah SWT ini, terdapat dalam surat al-Anfal ayat 33,

وَمَا كَانَ اللّٰهُ لِيُعَذِّبَهُمْ وَاَنْتَ فِيْهِمْۚ وَمَا كَانَ اللّٰهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُوْنَ

Artinya, “Tetapi Allah tidak akan menghukum mereka, selama engkau (Muhammad) berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan menghukum mereka, sedang mereka (masih) memohon ampunan.”

4). Barang Siapa yang Berdoa Kepada Allah, Maka akan Dikabulkan

Tiada suatu kekuatan apapun yang dapat melebih kekuatan doa. Karenanya, berdoa merupakan kekuatan manusia dalam memohon sesuatu.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ ࣖ

Artinya, “Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Firman Allah dalam kitab suci Al-Quran sudah tidak diragukan lagi kebenarannya. Termasuk janji Allah SWT terhadap umatnya seperti yang telah kita bahas bersama-sama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan Terimakasih!

Tinggalkan komentar