Cara Mengatasi Insecure Menurut Islam, Insecure Dapat Membuat Anda Terbujur

Belakangan ini, rasa insecure kerap menghantui sebagian orang, terutama bagi para remaja, penting untuk mengetahui cara mengatasi insecure. Islam memiliki pandangan tersendiri dalam mengatasi rasa insecure.

Memiliki rasa insecure memang wajar terjadi, namun jangan terlalu berlarut dalam perasaan itu. Sebab, sesungguhnya Allah SWT telah menciptakan kita dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Hal ini telah dijelaskan dalam QS at-Tin ayat 4 berikut,

لَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ فِيْٓ اَحْسَنِ تَقْوِيْمٍۖ

Artinya, “Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.”

Apa Itu Insecure?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengatasi insecure, tahukah Kamu mengenai arti dari ‘insecure’ itu sendiri? Insecure merupakan rasa cemas, kurang percaya diri, atau ragu, yang membuat kita menjadi tidak merasa nyaman dalam menjalani hidup.

Insecure bisa terjadi sebab beberapa hal. Misalkan, pernah terjadinya penolakan, menerima pendapat buruk dari orang sekitar, bahkan hingga seseorang yang memiliki sifat melankolis.

Perasaan ini sebenarnya wajar terjadi pada siapa pun. Namun, jika dibiarkan begitu saja, tentunya akan berdampak buruk pada kehidupan sehari-hari. Parahnya, seseorang mungkin bisa terkena depresi, bahkan gangguan kepribadian

Cara mengatasi Insecure: Pandangan Islam Terhadap Perasaan Ini

Selain pada surat at-Tin ayat 4 diatas, perkara rasa tidak percaya ini bisa Anda temukan dalam beberapa surat lain. Seperti pada surat ali-Imran ayat 139,

وَلَا تَهِنُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَنْتُمُ الْاَعْلَوْنَ اِنْ كُنْتُمْ مُّؤْمِنِيْنَ

Artinya, “Dan janganlah kamu merasa lemah, dan jangan pula bersedih hati, sebab kamu paling tinggi derajatnya, jika kamu orang yang beriman.”

Berdasarkan ayat diatas, dijelaskan bahwa orang yang beriman merupakan orang yang memiki derajat yang paling tinggi dibandingkan dengan orang lain. Oleh karena itu, janganlah sekalipun kita merasa lemah ataupun sedih hati.

Baca Juga: Larangan Menyerupai Suatu Kaum

Apa Saja Cara Mengatasi Insecure?

Dari beberapa ayat diatas, dapat kita simpulkan bahwa Islam selalu mengajarkan agar umatnya menghindari perasaan insecure. Lantas, bagaimanakah cara mengatasi rasa ini? Berikut kami sajikan lima cara yang bisa Anda terapkan setiap hari.

1). Belajar Mencintai dan Menerima Diri Sendiri

Cara mengatasi insecure yang pertama adalah dengan belajar untuk mencintai dan menerima diri sendiri. Langkahnya cukup mudah, Anda hanya perlu untuk menyayangi diri sendiri. Allah SWT berfirman dalam QS ar-Rum ayat 22 yang artinya,

“Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah penciptaan langit dan bumi, perbedaan bahasamu dan warna kulitmu. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui.”

Perbedaan merupakan sebuah hal yang wajar. Justru dari perbedaan itu, terdapat tanda-tanda kebesaran Allah SWT.

2). Memaksimalkan Kelebihan Diri

Jika Anda memiliki kelebihan, maka maksimalkanlah hal tersebut. Sebab, hal itu bisa menjadi cara mengatasi insecure selanjutnya. Bila kita memiliki bakat terpendam yang dimiliki, maka manfaatkanlah dengan maksimal.

Hindari pula mengikuti standar kemampuan orang lain yang malah bisa membuat Anda tidak percaya diri. Karena sejatinya, kemampuan tiap masing-masing orang berbeda-beda.

3). Jangan Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Manusia terlahir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kita tidak bisa memaksakan memiliki kelebihan orang lain pada diri kita, begitu juga sebaliknya.

Jangan selalu menganggap bahwa kita hanya memiliki kekurangan. Yakinlah bahwa pada diri kita, terdapat sesuatu yang dapat mengubah keadaan menjadi lebih baik.

4). Sadari, Bahwa Tidak Sedikit Orang yang Menyayangimu

Setiap manusia pastinya memiki orang yang menyayanginya, tak terkecuali kita. Yakinlah bahwa pastinya ada seseorang yang menyayangi kita. Entah itu keluarga, sahabat, pasangan, teman, atau bahkan orang yang tidak kita ketahui.

Dengan menyadari hal ini, Anda sudah menerapkan cara mengatasi insecure. Seburuk apapun penilaian orang terhadap diri kita, tentu akan selalu ada orang menyayangi serta mendukung apa yang kita kerjakan.

5). Selalu Bersyukur atas Nikmat Allah SWT

Dan cara terakhir ialah, selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan. Janganlah sekali-kalinya kita berlaku kufur (tidak bersyukur) atas nikmat Allah. Sebab, orang yang kufur, tentunya akan mendapat balasannya.

Jika seseorang selalu diliputi rasa insecure, dikhawatirkan ia akan termasuk golongan orang-orang yang kufur. Sebab, ia tidak mau menerima dirinya sendiri, dan tidak bersyukur atas karunia pemberian Allah SWT. Dengan bersyukur, kita sudah menerapkan cara mengatasi insecure menurut Islam.

Tinggalkan komentar