Keutamaan Puasa Syawal yang Jarang Diketahui Umat Islam

Banyak sekali keutamaan puasa Syawal yang bisa Anda peroleh bilamana mengerjakannya. Puasa sunnah ini dikerjakan di bulan Syawal setelah usai melaksanakan puasa wajib di bulan Ramadan.

Adapun, puasa Syawal ini dikerjakan selama 6 hari. Meskipun bisa dikerjakan secara terpisah, namun lebih baik bila dikerjakan berturut-turut. Satu catatan penting, puasa haram dilakukan di hari raya Idul Fitri.

Hal ini sebagaimana pada hadis riwayat Muslim berikut, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang berpuasa pada dua hari yaitu Idul Fitri dan Idul Adha.” (HR. Muslim). Karena itu, berpuasalah setelah beberapa hari setelah Idul Fitri.

Berikut Keutamaan Puasa Syawal

Meski hanya sekedar puasa sunnah, tapi jangan remehkan keutamaan yang terkandung pada puasa ini. Bagi siapa yang mengerjakannya usai berpuasa wajib Ramadan, maka akan mendapat pahala puasa setahun penuh.

Tentu sangat menggiurkan bukan? Hal ini ditegaskan melalui sabda Rasulullah SAW berikut, “Barangsiapa yang puasa Ramadan lalu mengikutinya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka ia mendapat pahala puasa setahun penuh.” (HR Muslim no. 1164).

1). Cara Mendekatkan Diri kepada Allah

Keutamaan puasa Syawal yang pertama adalah sebagai cara untuk semakin dekat dengan Allah SWT. Setiap umat Muslim yang menjalani puasa Syawal selama 6 hari akan mendapat kemuliaan di sisi Allah.

2). Meningkatkan Sistem Imun Kekebalan Tubuh

Di samping sebagai bentuk ibadah kepada Allah, berpuasa juga nyatanya berdampak positif dari segi kesehatan. Dengan menahan lapar saat puasa, maka akan memicu sel-sel induk untuk memproduksi sel darah putih.

Sel darah putih ini berfungsi menangkal atau mencegah dari infeksi. Sebuah penelitian dari University Southern California memaparkan, puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3). Mendapat Pahala Setara Puasa Setahun Penuh

Seperti yang telah dijelaskan, keutamaan puasa Syawal selama 6 hari bisa memberikan ganjaran pahala setara dengan satu tahun penuh. Maka dari itu, akan sangat sayang apabila kesempatan emas ini harus terlewatkan begitu saja.

Baca Juga: 5 Amalan Bulan Syawal

4). Mencegah Gangguan Pencernaan

Tepat di hari Idul Fitri, biasanya umat Muslim tidak bisa mengontrol nafsu makan mereka. Tentu hal ini bisa memicu gangguan pencernaan. Oleh karena itu, menjalani puasa Syawal dapat menjadi metode tepat untuk mengontrol porsi makan.

Selain itu, puasa sunnah ini bermanfaat untuk pengendalian masa transisi setelah mengonsumsi makanan dengan kadar yang cukup besar. Sehingga bagus untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan.

5). Dapat Menyempurnakan Ibadah

Keutamaan puasa Syawal selanjutnya adalah sebagai suatu cara untuk menyempurnakan ibadah wajib, yaitu puasa wajib bulan Ramadan. Sama halnya seperti ibadah salat wajib yang memiliki ibadah penyempurna, yaitu salat sunah rawatib.

Begitupun dengan puasa, dengan mengerjakan ibadah puasa sunnah di bulan Syawal, maka bisa melengkapi kekurangan selama puasa bulan Ramadan. Untuk antisipasi, tak ada salahnya mengerjakan amalan puasa sunnah ini.

6). Bentuk Rasa Syukur

Puasa wajib di bulan Ramadan merupakan salah satu cara untuk menghapus dosa-dosa umat Muslim yang telah lalu. Oleh sebab itu, sebagai ungkapan syukur atas pengampunan dosa tersebut, maka dianjurkan mengerjakan puasa Syawal 6 hari berturut-turut.

7). Bersih dari Segala Dosa

Dan keutamaan puasa Syawal yang terakhir ialah, apabila dikerjakan dengan penuh keikhlasan maka dapat menghapus segala dosa pada diri kita. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW berikut:

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan, lalu menyambungnya dengan enam hari puasa bulan Syawal, maka ia dianggap bersih dari dosanya (dibersihkan dari segala doanya) seperti anak yang baru lahir (dilahirkan) ibunya.” (H.R. Muslim).

Mari Tingkatkan Kualitas Ibadah di Bulan Syawal

Nah, kini Anda sudah mengetahui apa saja keutamaan puasa Syawal yang nyatanya memiliki ganjaran yang sangat besar. Jika di bulan Ramadan kita banyak mengerjakan amalan baik, tentu berlaku juga untuk di bulan setelahnya, yakni Syawal.

Bulan ini merupakan momen yang tepat untuk meningkatkan kualitas ibadah. Beberapa amalan yang bisa Anda lakukan diantaranya seperti puasa 6 hari, menyambung tali silaturahmi, dan memperbanyak sedekah.

Bersamaan dengan itu, Sahabat semua bisa menyalurkan niat baik Anda melalui Senyum Mandiri. Anda dapat berpartisipasi pada sejumlah Program yang Kami miliki. Tanpa menunggu lama, Ayo sisihkan hartamu bagi mereka yang membutuhkan!

Berakhir sudah pembahasan Kita kali ini. Melalui artikel ini, sekiranya Anda sudah mengetahui apa saja keutamaan puasa Syawal yang sayangnya jarang diketahui umat Muslim, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar