Keutamaan serta Keistimewan Shalat Tarawih, Apa Saja Diantaranya?

Tidak banyak umat Muslim yang mengetahui Keistimewaan shalat Tarawih begitu banyak sekali, terlebih ibadah sunnah ini hanya ada ketika bulan Ramadan saja. Karena itu bila memasuki bulan Ramadan kelak, janganlah kita meninggalkan ibadah sunnah ini.

Shalat Tarawih dikerjakan setelah shalat fardhu Isya. Ibadah sunnah ini memiliki keistimewaan yang banyak sekali, salah satunya dapat diampuni dosanya yang telah lalu. Tetapi, sebenarnya masih ada banyak lagi keutamaan shalat tarawih lainnya.

Pengertian Shalat Tarawih?

Sebelum kita menggali lebih dalam mengenai apa saja keistimewaan shalat Tarawih, mari kita simak terlebih dahulu apa itu pengertian shalat Tarawih.

Shalat Tarawih merupakan ibadah sunnah muakkad (ibadah sunnah yang sangat dianjurkan) yang dikerjakan selama bulan Ramadan. Umumnya shalat ini dikerjakan sebanyak 11 sampai 23 rakaat.

Untuk yang 11 rakaat, dilakukan dengan 8 + 3 witir (berdasar riwayat Malik dan Said bin Manshur). Sedangkan untuk 23 rakaat dilakukan dengan 20 + 3 witir (berdasar riwayat Malik, Ibn Nashr dan Al-Baihaqi, Mazhab Abu Hanifah, Ats-Tsauri, Syafi’i).

Berikut Keistimewaan Shalat Tarawih

Meskipun shalat Tarawih hukumnya sunnah muakkad, yang mana bila dikerjakan akan mendapat pahala dan bila ditinggalkan tidak mendapat dosa. Namun akan lebih baik bila kita mengerjakan ibadah sunnah tersebut.

Pasalnya, keistimewaan serta keutamaan shalat Tarawih terhitung sangat banyak sekali. Lantas, apa saja sih beberapa keistimewaannya? Simak pembahasan berikut dengan seksama!

1). Dapat Menghapus Dosa yang Telah Lalu

“Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau” (HR al-Bukhari, Muslim).

Pada hadis di atas, sudah tersirat jelas sebuah keistimewaan shalat Tarawih yang pertama. Bahwa, siapa saja mukmin yang beribadah (shalat Tarawih) dengan penuh keimanan dan ikhals, maka Allah akan menghapus dosa-dosanya yang telah lalu.

Para ulama memiliki pendapat yang berbeda mengenai ‘dosa’ yang dihapuskan, apakah dosa kecil atau besar. Ulama Imam Nawawi mengatakan bahwa shalat Tarawih hanya menghapus dosa-dosa kecil saja.

Namun di lain sisi, ulama lain berpendapat bahwa shalat ini juga dapat menghapus dosa kecil maupun besar. Kesampingkan itu, alangkah baiknya bila kita menunaikan shalat Tarawih dengan penuh keimanan, keikhlasan, dan tidak melewatkannya satu hari pun.

2). Meramaikan Masjid

Masjid merupakan rumah Allah yang harus dimakmurkan. Oleh karena itu, Keistimewaan shalat Tarawih selanjutnya ialah dengan melaksanakan Tarawih secara berjamah, masjid akan lebih ramai dan makmur.

Tidak hanya itu, orang yang shalat berjamaah akan dibalas ganjarannya dengan pahala yang lebih besar daripada shalat sendirian. Rasulullah SAW bersabda, “Salat berjemaah lebih utama dibandingkan salat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (HR. Bukhari).

Baca Juga: Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

3). Pahala Setara dengan Shalat Semalam Penuh

“Sesungguhnya seorang laki-laki yang melaksanakan shalat bersama Imam (berjamaah) sampai selesai, maka baginya dihitung pahala beribadah satu malam penuh.” (HR Abu Dawud).

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh keberkahan serta bulan di mana kita dapat berlomba-lomba mendulang pahala. Dan satu cara yang bisa kita lakukan dalam meraih pahala saat Ramadan adalah, dengan menunaikan shalat Tarawih.

Seperti bunyi hadis di atas, keistimewaan shalat Tarawih yang tidak diketahui banyak orang yaitu, pahalanya setara dengan melaksanakan shalat semalam penuh. Sekali lagi, begitu banyak keistimewaan ibadah sunnah ini, karenanya janganlah kita tinggalkan.

4). Menguatkan Tali Silaturahmi

Selain menjadi upaya meraih pahala serta ridho Allah SWT, shalat Tarawih juga menjadi ajang bagi kita untuk bersilaturahmi. Sebagai umat Muslim, tentu kita harus mempererat tali persaudaraan kita, sebab Allah menyukai orang yang menyambung tali persaudaraan.

5). Meningkatkan Ketakwaan serta Lebih Dekat kepada Allah

Sebagai hamba Allah SWT, kita mesti melakukan apa yang diperintahkanNya, dan menjauhi apa yang dilarangNya. Dengan melaksanakan Tarawih berjamaah secara rutin, secara tidak langsung kita termasuk golongan orang yang bertakwa kepada Allah SWT.

Bulan Ramadan memang sekitar dua bulan lagi. Namun, marilah kita mempersiapkannya sebaik mungkin. Dan itulah kajian mengenai keistimewaan shalat Tarawih yang begitu banyak, sekian dari Kami semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Keutamaan serta Keistimewan Shalat Tarawih, Apa Saja Diantaranya?”

Tinggalkan komentar